Pengembangan Media Buku Zigzag Bergambar untuk Keterampilan Membaca Dongeng Fabel Peserta Didik Didik Kelas II Sekolah Dasar
DEVELOPMENT OF A PICTURED ZIGZAG BOOK MEDIA FOR FABLES READING SKILLS AT SECOND GRADE PRIMARY SCHOOL STUDENTS
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan peserta didik kelas II SDN Pagerwojo dalam membaca teks dongeng yang berdampak pada kemampuan memahami makna dari bacaan. Salah satu penyebabnya pendidik belum menggunakan media yang sesuai dengan materi yang dipelajari. Oleh karena itu, perlu dikembangkan media pembelajaran yang tepat, yaitu Buku Zigzag Bergambar yang dapat digunakan peserta didik untuk pembelajaran membaca dongeng fabel. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk yang valid, efektif, dan praktis.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas II SDN Pagerwojo. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian yaitu lembar validasi, lembar test, dan lembar angket respon.
Hasil penelitian ini menunjukkan kevalidan materi sebesar 95% dengan kategori sangat valid, kevalidan media sebesar 94% dengan kategori sangat valid. Keefektifan media diperoleh sebesar 98,33% dengan kategori sangat efektif, berdasarkan hasil belajar menunjukkan peningkatan N-gain sebesar 75 dengan kategori tinggi. Kepraktisan media menurut peserta didik sebesar 97,33% dengan kategori sangat praktis dan menurut pendidik sebesar 94% dengan kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa media Buku Zigzag Bergambar layak digunakandalam pembelajaran membaca dongeng fabel pada peserta didik kelas II sekolah dasar.
Kata Kunci : media pembelajaran, buku zigzag bergambar, keterampilan membaca, dongeng fabel
This research was motivated by the low ability of class II students at SDN Pagerwojo in reading fairy tale texts which had an impact on their ability to understand the meaning of the reading. One of the reasons is that educators have not used media that is appropriate to the material being studied. So it is necessary to develop appropriate learning media, named The Zigzag Picture Book contains fables that students can use to learn to read. The aim of this research is to produce a product that is valid, effective and practical learning media.
The type of research used is research and development (RnD). This research uses the ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation) development model. The subjects in this research were class II students at SDN Pagerwojo. This research uses several instruments, namely validation sheets, Test, and response questionnaires.
The results of this research show that the validity of the material is 95% in the very valid category, the validity of the media is 94% in the very valid category. Media effectiveness was obtained at 98.33% in the very effective category, based on learning results showing an increase in N-gain of 75 in the high category. Media practicality according to students was 97.33% in the very practical category and according to educators it was 94% in the very practical category. It can be concluded that the Zigzag Picture Book media is suitable for use in learning to read fables for class II elementary school students.
Keywords: learning media, zigzag picture books, reading skills, fables