PENGEMBANGAN MEDIA PRISMA SEGIEMPAT TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK
DEVELOPMENT OF QUADRILATERAL PRISM MEDIA ON THE CHILDREN ABILITY TO RECOGNIZE THE NUMBER SYMBOL
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya variasi pada media pembelajaran terhadap kemampuan untuk mengenal lambang bilangan pada proses pembelajaran kelompok A di lembaga Taman Kanak-Kanak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis prototype pengembangan media prisma segiempat, serta kelayakan media prisma segiempat pada anak usia dini. Media prisma merupakan suatu perantara untuk menyampaikan sebuah pesan berbentuk bangun-bangun ruang yang dibatasi oleh dua bidang berhadapan yang kongruen dan sejajar yang memiliki peranan penting dalam menstimulasi lingkup perkembangan berpikir simbolik, khususnya dalam mengenal lambang bilangan. Pengembangan media prisma segiempat dirancang berdasarkan tahapan pembelajaran mengenal lambang bilangan dan prinsip media pembelajaran yang menyenangkan dan menarik. Koordinasi mata, tangan, dan bahasa anak berkembang melalui media prismaselama proses pembelajaran dalam memainkan media prisma segi empat dengan mengikuti tata cara penggunaannya. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Prosedur penelitian yang digunakan adalah langkah-langkah prosedur ADDIEyang terdiri dari analyze, design, development, implementation, and evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media prisma segiempat dilakukan dengan melalui 3 tahapan, yaitu; (1) analyze, (2) design, dan (3) development. Kelayakan media prisma segiempat berdasarkan ahli materi dan ahli media ditinjau dari isi materi antara lain pada aspek kesesuaian fungsi dan aspek kognitif lambang bilangan, sedangkan jika dilihat dari isi media antara lain pada aspek tahan lama, aspek daya tarik, aspek keunggulan dan aspek kesesuaian fungsi. Pada proses validasi diperoleh hasil penilaian dengan kategori sangat baik yang artinya tingkat kelayakan media prisma sangat baik terhadap kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan.
Abstract
The problem of this study is the lack of variation in learning media on the ability to recognize the symbol of numbers in the learning process of the group A of kindergartens. The purpose of this study is to describe and analyze the prototype of quadrilateral prism media development and the feasibility of quadrilateral prism media in early childhood. Prism media is an intermediary to convey a message in the form of a space structure bounded by two congruent and parallel facing fields which have an important role in stimulating the scope of the development of symbolic thinking, specifically in recognizing the symbol of numbers. The development of quadrilateral prism media designed based on the stages of learning to recognize symbols and the principles of learning media that are fun and interesting. Coordination of children's eyes, hands, and language develops through media prism long as the learning process in playing the media of rectangular prism by following the procedures for its use. The research method in this study uses the type of Research and Development. The research used are ADDIE procedure steps which consist of analysis, design, development, implementation, and evaluation. The results showed that the development of quadrilateral prism media carried out through 3 stages, namely; (1) analysis, (2) design, and (3) development. The feasibility of quadrilateral prism media based on material experts and media experts in terms of the content of the material among others, in the aspects of the suitability of the function and cognitive aspects of the number symbol, while viewed from the contents of the media, among others, the durability, attractiveness, excellence and function suitability. In the validation process, the assessment results obtained with the category of excellent which means the level of media prism feasibility is excellent for the child's ability to recognize the symbol number.
Keywords: quadrilateral prism media, the symbol of numbers, children.