IMPLEMENTASI PROGRAM CAKAP DIGITAL DI SMK KRIAN 2 KECAMATAN KRIAN KABUPATEN SIDOARJO
IMPLEMENTATION OF THE DIGITAL CAPACITY PROGRAM AT KRIAN 2 VOCATIONAL SCHOOL, KRIAN DISTRICT, SIDOARJO REGENCY
SMK 2 Krian Sidoarjo merupakan salah satu sekolah tingkat kejurusan di kabupaten sidoarjo yang menerapkan kebijakan program cakap digital berupa aplikasi Onklas. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi program cakap digital di SMK Krian 2 Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Fokus penelitian ini adalah Implementasi program cakap digital di SMK Krian 2 Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo berdasarkan teori warwick (2008) terdiri dari 4 variabel yaitu kemampuan organisasi, informasi, dukungan, pembagian potensi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Data penelitian berupa data primer melalui wawancara dan data sekunder melalui profil sekolah, dokumentasi, laporan historis, dan dokumen yang relevan dengan fokus penelitian. Hasil penelitian ini adalah 1) Pada variabel kemampuan organisasi terdiri dari indikator kemampuan teknis, koordinasi dan SOP sehingga memberikan kemudahan pelaksanaan aplikasi Onklas. 2) Pada variabel informasi, aplikasi Onklas menyediakan berbagai fitur lengkap yang mendukung kegiatan belajar mengajar seperti absensi, mengadakan ujian, pengumuman nilai ujian, materi pembelajaran, dan komunikasi. 3) Pada variabel dukungan terdiri dari indikator kualitas kebijakan, kapasitas implementator, karakteristik dan dukungan kelompok sasaran, kondisi lingkungan sosial, ekonomi dan politik. Pada variabel pembagian potensi kurangnya komunikasi dan koordinasi serta kurangnya pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan program.
SMK 2 Krian Sidoarjo is one of the department-level schools in Sidoarjo Regency that implements a digital cakap program policy in the form of the Onklas application. The purpose of this study is to describe the implementation of the digital proficiency program at SMK Krian 2, Sidoarjo Regency. This research is a type of qualitative research with a descriptive approach. The focus of this research is the implementation of the digital proficiency program at SMK Krian 2, Krian District, Sidoarjo Regency based on the theory of Warwick (2008) consisting of 4 variables, namely organizational ability, information, support, and potential sharing. Data collection techniques through interviews, observations and documentation. Data analysis techniques consist of data reduction, data presentation and conclusions. The research data is in the form of primary data through interviews and secondary data through school profiles, documentation, historical reports, and documents relevant to the focus of the research. The subjects of this study are teachers and students using purposive sampling techniques. The results of this study are 1) The variables of organizational ability consist of indicators of technical ability, coordination and SOP so as to facilitate the implementation of the Onklas application. 2) In the information variables, the Onklas application provides a variety of complete features that support teaching and learning activities such as attendance, holding exams, announcing exam scores, learning materials, and communication. 3) The support variables consist of policy quality indicators, implementer capacity, characteristics and support of target groups, socialeconomic and political environmental conditions. In the variable of the division of potential, lack of communication and coordination as well as lack of supervision and evaluation of the implementation of the program.