Football Augmented Reality Media Application for Student Learning Interests
Pembelajaran dribbling dengan media merupakan pembelajar yang mampu meningkatkan minat belajar. Pembelajaran tersebut dapat ditingkatkan melalui pembelajaran yang menerapkan media augmented reality. Penerapan augmented reality menekankan pada pelaksanaan belajar dengan konsep virtual yang lebih interaktif dan variatif. Model pembelajaran dribbling yang diterapkan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran langsung dan tidak langsung dengan ugmented reality. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh skripsi tentang (1) pengaruh penerapan augmented reality dalam materi dribbling sepak bola terhadap minat belajar siswa dan (2) peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan media augmented reality pada materi dribbling dalam sepak bola. Metode penelitian ini adalah pre-experimental design dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Design penelitian yang digunakan yaitu one grup pretest-postest design. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan angket. Teknik observasi digunakan untuk mengamati objek sasaran, wawancara bertujuan untuk mengumpulkan data, sedangkan penyebaran sudut digunakan untuk mengetahui minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh media augmented reality materi dribbling sepak bola terhadap minat belajar siswa kelas VIII-5 di SMPN 1 Nganjuk yang ditunjukkan dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 dan terdapat peningkatan minat belajar siswa kelas VIII-5 di SMPN 1 Nganjuk dengan menggunakan media augmented reality pada materi dribbling dalam sepak bola sebesar 6,4% setelah diberikan treatment.
Learning by drip with the media is a way of learning that can increase the interest in learning. This learning can be enhanced by applying augmented reality media. The application of augmented reality emphasizes the implementation of learning with a more diverse and interactive virtual concept. The learning dribbling model applied is a direct and indirect learning model with augmented reality. This study aims to (1) the influence of the application of augmented reality in soccer ball dribbling equipment on students' learning interests and (2) the increase in students' interest in learning to use augmented reality football dribbling devices. This research method is a pre-empirical design with a quantitative descriptive approach. The study design used was a pre-test-post-test group design. Data collection was using observation, interview and questionnaire techniques. The results show that there is an effect of augmented reality media on soccer dribbling material on learning interest of grade VIII-5 students at Junior high school of 1 Nganjuk, expressed as a significance value of 0.000 < 0.05 and student interest in learning in grades VIII-5 at Junior high school of 1 Nganjuk 1 Nganjuk using augmented reality media on soccer dribbling equipment increased to 6.4% when being treated.