PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOUND UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
DEVELOPMENT OF MOUND LEARNING MEDIA TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES IN CLASS V ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran MOUND yang digunakan sebagai media pembelajaran pada pelajaran IPA di sekolah dasar. Yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media MOUND. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Terdapat 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implemntasi dan evaluasi. Untuk mengetahui kevalidan media, penelitian ini menggunakan instrument validitas yang diberikan kepada ahli materi dan media. Untuk kepraktisan media diukur dengan menggunakan lembar angket respon guru dan siswa. Untuk keefektifan dapat dilihat dari ketercapaian hasil belajar. Dalam penelitian ini dilakukan pada 24 siswa kelas V sekolah dasar. Hasil validasi oleh ahli materi dan media diperoleh 92% dan 90,66% dengan kategori “Sangat Valid”. Kepraktisan media dari angket guru dan siswa diperoleh 85,83% dan 93,66% dengan kategori “Sangat Praktis”. Keefektifan media diketahui dari hasi ketuntasan 100% dengan kategori “Sangat Efektif” serta diperoleh N-Gain sebesar 0,70 dengan kategori “Tinggi”. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media MOUND layak digunakan dalam pembelajaran sekolah dasar pada materi perubahan wujud.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, MOUND, Hasil Belajar
This study aims to develop MOUND learning media to be used as learning media in science lessons in elementary schools.Which is valid, practical, and effective in improving student learning outcomes by using MOUND media. This research is included in development research using the ADDIE model. There are 5 stages namely analyze, design, development, implement, and evaluate. To determine the validity of the media, this study uses a validity instrument given to material and media experts. The practicality of the media is measured using a questionnaire from the teacher and student responses. For effectiveness can be seen from the achievement of learning outcomes. In this study conducted on 24 students of class V elementary school. The validation result by material and media experts obtained 92% and 90,66% in the “Very valid” category. The practicality of the media from the teacher and student questionnaires was 85,83% and 93,66% in the “Very Practical” category. The effectivenees of the media is known from the result of 100% completeness in the “Very Effective” category. And an N-Gain of 0,70 is obtained in the “High” category. Based on these data it can be concluded that MOUND media is suitable for use in elementary school learning on material changes in shape.
Keywords: Development, Learning Media, MOUND, Learning Outcomes