FINGER PAINTING SEBAGAI TEKNIK PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK CEREBRAL PALSY DI USIA SEKOLAH
FINGER PAINTING AS A TECHNIQUE FOR FINE MOTOR DEVELOPMENT OF CEREBRAL PALSY CHILDREN IN SCHOOL AGE
Tujuan penelitian ini untuk mengkaji finger painting sebagai teknik pengembangan motorik halus anak cerebral palsy pada usia sekolah. Metode penelitian ini menggunakan literatur review dengan sumber penelitian yang diperoleh dari buku dan jurnal-jurnal yang memiliki topik yang relevan dengan pembahasan yang ada pada penelitian ini. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil kajian yang diperoleh penulis menunjukkan adanya teknik finger painting berperan untuk pembelajaran akademik anak dilihat dari motorik halus(pelemasan otot-otot jari) sehingga berpengaruh pada kemampuan seperti, memegang pensil, menulis, membuka dan menutup jari tangan.
The purpose of this study was to examine finger painting as a fine motor development technique for children with cerebral palsy at school age. This research method uses a literature review with research sources obtained from books and journals that have topics relevant to the discussion in this study. The data analysis used in this research is descriptive analysis. The results of the study obtained by the author indicate that the finger painting technique plays a role in children's academic learning in terms of fine motor skills (relaxing finger muscles) so that it affects abilities such as holding a pencil, writing, opening and closing fingers.