Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran E-learning dengan Framework Laravel untuk membantu guru mengemas materi menjadi sebuah bahan ajar yang menarik, dengan mengaplikasikan teknologi dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran yang diteliti.
Metode penelitian yang digunakan adalah ADDIE. Dengan desain penelitian adalah One Group Pretest – Posttest. Sasaran penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas X-TKJ 4 di SMK Negeri 1 Rejotangan sebanyak 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengembangan media pembelajaran e-learning yang telah diajukan kepada 4 validator diperoleh hasil validasi media dengan jumlah presentase total sebesar 84,1%, Rencana Pelaksanaan Pembelajaan (RPP) dengan jumlah presentase total sebesar 90,8%, validasi soal dengan jumlah presentase total sebesar 87,4% dan hasil respon siswa sebesar 77,02%. Hasil belajar siswa kelas X TKJ 4 Menujukkan rata-rata nilai pretest sebesar 52,87 post test sebesar 76,97. Hasil t hitung sebesar 18,468 dan nilai p-value sebesar 0,00000 dimana 0,00000 < 0,05. sehingga menunjukkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima sehingga terdapat perbedaan hasil belajar antara sebelum menggunakan media pembelajaran e-learning dengan framework laravel dan setelah menggunakan media pembelajaran e-learning dengan framework laravel.
Kata Kunci : E-learning,ADDIE, Framework Laravel , Hasil Belajar.
This research was conducted to develop E-learning instructional media with Framework Laravel to help teachers package material into an interesting teaching material, by applying technology in the world of education. This study aims to determine the validity of the learning media studied.
The research method used is Waterfall with design research is the One Group Pretest - Posttest. The research objectives in this study were students of class X-TKJ 4 at SMK Negeri 1 Rejotangan. The results showed that the results of the development of e-learning instructional media that had been submitted to 4 validators obtained results of media validation with a total percentage of 84.1%, RPP with a total percentage of 90.8%, validation of questions with a total percentage of 87 , 4% and student response results at 77.02%. Learning outcomes of class X TKJ 4 students showed an average pretest score of 52.87 post test of 76.97. The result of t count is 18.468 and the p-value is 0.00000 where 0.00000 <0.05. so that it shows that Ho is rejected and H1 is accepted so that there are differences in learning outcomes between before using e-learning instructional media with framework laravel and after using e-learning instructional media with framework laravel.
Keywords: E-learning, ADDIE, Framework Laravel , Learning Outcomes