Efektivitas Penggunaan Wakelet Sebagai Media untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Siswa SMA
The Effectiveness of Using Wakelet as a Media to Improve Senior High School Students’ Descriptive Text Writing
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan media Wakelet untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskriptif siswa SMA. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMA di Jawa Timur, dengan fokus pada siswa kelas X. Desain quasi eksperimental digunakan, melibatkan dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan Wakelet dan kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk menilai kinerja menulis siswa. Hasilnya dianalisis menggunakan metode statistik, termasuk uji-t sampel independen. Temuan ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan menulis teks deskriptif siswa yang menggunakan Wakelet dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan Wakelet. Skor rata-rata kelompok eksperimen jauh lebih tinggi (nilai sig. 0,013 < 0,05) dibandingkan kelompok kontrol. Penelitian ini menunjukkan bahwa Wakelet adalah alat yang efektif untuk mengajar menulis teks deskriptif (η = 0,076). Ini menyediakan platform interaktif dan menarik yang meningkatkan keterampilan menulis siswa. Studi ini menyarankan agar para pendidik mempertimbangkan untuk mengintegrasikan Wakelet ke dalam praktik pengajaran mereka untuk meningkatkan keterampilan menulis.
This study aims to examine the effectiveness of using Wakelet as a media to improve senior high school students' descriptive text writing skills. The research was conducted at one of senior high school in East Java, focusing on tenth-grade students. A quasi-experimental design was employed, involving two groups: an experimental group who is using Wakelet and a control group. Data collection was performed through pre-tests and post-tests to assess the students' writing performance. The results were analyzed using statistical methods, including independent sample t-tests. The findings indicated a significant improvement in the descriptive text writing skills of students who used Wakelet compared to the control class who did not. The mean score of the experimental group was notably higher (sig. value 0.013 < 0.05) than that of the control group. This research demonstrates that Wakelet is an effective tool for teaching descriptive text writing (η = 0.076). It provides an interactive and engaging platform that enhances students’ writing skill. The study suggests that educators consider integrating Wakelet into their teaching practices to improve writing skills.