Pengembangan Buku Digital (E-Book) berbasis PBL: Administrasi Umum di SMK NU Lamongan
Development of Digital Book (e-book) Based on PBL: General Administration on SMK NU Lamongan
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui proses pengembangan e-book berbasis Problem Based Learning pada materi administrasi umum, menghasilkan dan menguji kelayakan produk, dan mengetahui respon siswa pada pengembangan e-book. Jenis penelitian ini adalah RnD (Re-search and Development) dengan metode tipe prosedural IDI (Instruksional, Development, Institut) yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap penentuan (define), tahap pengembangan (develop), dan tahap evaluasi (evaluate). Data penelitian berupa pengembangan e-book dan perolehan kualitas e-book melalui lembar validasi dan respon angket siswa. Tahap validasi produk dilakukan oleh ahli desain, ahli materi dan ahli bahasa dengan memberikan skor 0-100, sedangkan untuk respon angket siswa secara wawancara. Hasil penilaian dari lembar validasi oleh ahli desain rata-rata sebesar 73,25% yang berarti valid/layak, ahli materi 83,12% yang berarti valid/layak, dan ahli bahasa 92,25% yang berarti valid/layak. Maka didapatkan skor akhir dari ketiga validasi adalah 84,3%. Dapat disimpulkan bahwa e-book yang digunakan valid dan layak digunakan. Hal ini diperkuat dengan hasil angket respon siswa menunjukkan jumlah rata-rata sebesar 93,5% yang berarti buku digital telah layak untuk digunakan oleh siswa.
Kata kunci: e-book; Problem Based Learning; pengembangan
The purpose of this research is to know the e-book development based on Problem Based Learning process in general administration, produce and test product feasibility, and know student response to e-book development. This type of research is RnD (Re-search and Development) with idi procedural type method (Instructional, Development, Institut) which consists of three stages, namely define, develop, and evaluation stage (evaluate). Research data in the form of e-book development and e-book quality acquisition through validation sheets and questionnaire responses of learners. The validation phase of the product is carried out by design experts, material experts and linguists by giving a score of 0-100, while for the response of student questionnaires in interviews. The assessment results from validation sheets by design experts on average of 73,25% means valid and feasible, material experts 83,12% means valid and feasible, and linguists 92,25% means very feasible. Then the final score of the three validations is 84,3%. It can be concluded that the e-book media used is valid and feasible to use. This is reinforced by the results of the student response questionnaire showing an average number of 93,5% means that digital book is valid and feasible to use.
Keyword: e-book; Problem Based Learning; development