KETERAMPILAN SPASIAL SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER
THE SPATIAL SKILLS OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN SOLVING GEOMETRY PROBLEMS VIEWED FROM GENDER DIFFERENCES
Keterampilan spasial mempunyai peranan penting dalam mempelajari matematika khususnya geometri. Keterampilan spasial diartikan sebagai kecakapan atau ketepatan seseorang dalam menarik simpulan berdasarkan argumen dari suatu situasi yang menyangkut bentuk, lokasi, jalur, hubungan antar entitas, dan hubungan antara entitas dan kerangka referensi. Mengingat konsep geometri sangat berkaitan erat dengan konteks kehidupan sehari-hari, maka memiliki keterampilan spasial yang baik sangat diperlukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan spasial siswa SMA dalam menyelesaikan masalah geometri ditinjau dari perbedaan gender.
Penelitian ini berjenis kualitatif dan bersifat eksploratif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari empat siswa SMA dengan tingkat kemampuan spasial kuat yang dipilih berdasarkan gender. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tugas masalah geometri kepada subjek dan dilanjutkan dengan wawancara berbasis tugas. Keabsahan data menggunakan triangulasi waktu. Data hasil penelitian dianalisis dengan mengacu pada aspek-aspek keterampilan spasial yang telah ditetapkan melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan spasial siswa maskulin dalam menyelesaikan masalah geometri, yaitu: siswa maskulin melihat konfigurasi spasial di tengah-tengah informasi latar belakang yang mengganggu dengan menemukan, menyebut dan menamai bangun tersebut berdasarkan karakteristik yang terdapat pada bangun; menggambar bangun kubus ABCD.EFGH dengan menjadikan bidang ABCD sebagai sisi depan kubus dan menjadikan bidang EFGH sebagai sisi belakang kubus, merepresentasikan kubus ke dalam bidang datar untuk mempermudah menyelesaikan soal, merotasi objek dan menyebutkan perubahan posisi unsur-unsur dalam objek akibat rotasi yang telah dilakukannya; menyebutkan hubungan spasial antar bangun dalam kubus dengan melihat melalui arah atas, samping, dan depan kubus serta dengan menggunakan konsep spasial yang telah diketahuinya; menggambar bangun kubus dari arah yang berbeda dengan cara membayangkan dan melihat titik-titik pada kubus sebagai patokannya.
Keterampilan spasial siswa feminin dalam menyelesaikan masalah geometri, yaitu: siswa feminin melihat konfigurasi spasial di tengah-tengah informasi latar belakang yang mengganggu dengan menemukan, menyebut dan menamai bangun tersebut berdasarkan karakteristik yang terdapat pada bangun; menggambar bangun kubus ABCD.EFGH dengan menjadikan bidang ABCD sebagai sisi atas kubus dan menjadikan bidang EFGH sebagai sisi alas kubus, melakukan visualisasi untuk menentukan posisi unsur-unsur suatu objek pada bangun kubus, dan menyebutkan perubahan posisi unsur-unsur dalam objek melalui visualisasi yang telah dilakukannya; menyebutkan hubungan spasial antar bangun dalam kubus dengan melihat melalui arah atas kubus, dan dengan menggunakan konsep spasial yang telah diketahuinya; menggambar bangun kubus dari arah yang berbeda dengan cara membayangkan dan melihat titik-titik pada kubus sebagai patokannya.
Keterampilan spasial siswa androgini dalam menyelesaikan masalah geometri, yaitu: siswa androgini melihat konfigurasi spasial di tengah-tengah informasi latar belakang yang mengganggu dengan menemukan, menyebut dan menamai bangun tersebut berdasarkan karakteristik yang terdapat pada bangun; menggambar bangun kubus ABCD.EFGH dengan menjadikan bidang ABCD sebagai bidang alas kubus dan menjadikan bidang EFGH sebagai bidang atap kubus, merotasi objek untuk mendapatkan bidang alas dari beberapa bangun yang telah ditemukannya, dan menyebutkan perubahan posisi unsur-unsur dalam objek akibat rotasi yang telah dilakukannya; menyebutkan hubungan spasial antar bangun dalam kubus dengan melihat melalui arah atas dan samping kubus; menggambar bangun kubus dari arah yang berbeda dengan cara membayangkan bangun kubusnya diputar.
Keterampilan spasial siswa undifferentiated dalam menyelesaikan masalah geometri, yaitu: siswa undifferentiated melihat konfigurasi spasial di tengah-tengah informasi latar belakang yang mengganggu dengan menemukan, menyebut dan menamai bangun tersebut berdasarkan karakteristik yang terdapat pada bangun; menggambar bangun kubus ABCD.EFGH dengan menjadikan bidang ABCD sebagai bidang alas kubus dan menjadikan bidang EFGH sebagai bidang atas kubus, merepresentasikan kubus ke dalam bidang datar untuk mempermudah menyelesaikan soal, dan merepresentasikan bangun kubus sebagai sebuah ruangan, melakukan visualisasi untuk menentukan posisi unsur-unsur suatu objek pada bangun kubus dan menyebutkan perubahan posisi unsur-unsur dalam objek melalui visualisasi yang telah dilakukannya; menyebutkan hubungan spasial antar bangun dalam kubus dengan menggunakan konsep spasial yang telah diketahuinya; menggambar bangun kubus dari arah yang berbeda dengan cara membayangkan bangun kubusnya.
Spatial skills have an essential role in studying mathematics, especially geometry. Spatial skill is defined as the ability or accuracy of a person to draw conclusions based on arguments from a situation concerning the shape, location, path, the relationship between entities, and the relationship between entities and frames of reference. Considering that the concept of geometry is closely related to the context of everyday life, having good spatial skills is needed. This study aimed to describe the spatial skills of high school students in solving geometry problems in terms of gender differences.
This research is a qualitative and descriptive exploratory type. The research subjects consisted of four high school students with strong spatial ability levels selected based on gender. The data collection procedure was carried out by assigning geometry problems to the subjects and followed by task-based interviews. The validity of the data used time triangulation. The research data were analyzed by referring to the aspects of spatial skills that had been determined through data condensation, data presentation, and conclusion drawing.
The results showed that the masculine students' spatial skills in solving geometry problems, namely: masculine students saw the spatial configuration in the middle of disturbing background information by finding, calling and naming these shapes based on the characteristics contained in the shapes; draw the shape of the cube ABCD.EFGH by making the ABCD plane the front side of the cube and making the EFGH plane the back side of the cube, representing the cube in a flat plane to make it easier to solve problems, rotating objects and mentioning changes in the position of elements in the object due to the rotation it has done ; mentioning the spatial relationships between the shapes in the cube by looking through the top, sides and front of the cube and by using the spatial concepts that they already know; Draw a cube from different directions by imagining and seeing the points on the cube as a reference.
Feminine students' spatial skills in solving geometry problems, namely: feminine students see spatial configurations in the middle of disturbing background information by finding, calling and naming these shapes based on the characteristics contained in the shapes; draw the shape of the cube ABCD.EFGH by making the ABCD plane as the top side of the cube and making the EFGH plane the side of the base of the cube, visualizing to determine the position of the elements of an object in the shape of the cube, and mentioning changes in the position of elements in the object through visualization that has been it does; mentioning the spatial relationships between the shapes in the cube by looking through the top direction of the cube, and by using the spatial concepts they already know; Draw a cube from different directions by imagining and seeing the points on the cube as a reference.
Androgyny students' spatial skills in solving geometry problems, namely: androgyny students see spatial configurations in the middle of disturbing background information by finding, calling and naming these shapes based on the characteristics contained in the shapes; draw the shape of the cube ABCD.EFGH by making the ABCD plane the base of the cube and making the EFGH plane the roof plane of the cube, rotating the object to get the base plane of some of the shapes it has found, and mentioning the changes in the position of the elements in the object due to the rotation it has done ; mentioning the spatial relationships between the shapes in the cube by looking through the top and sides of the cube; draw a cube from different directions by imagining the shape of the cube is rotated.
Undifferentiated students' spatial skills in solving geometry problems, namely: undifferentiated students see the spatial configuration in the middle of disturbing background information by finding, calling and naming the shapes based on the characteristics contained in the shapes; draw the shape of the cube ABCD.EFGH by making the ABCD plane as the base of the cube and making the EFGH plane the top of the cube, representing the cube into a flat plane to make it easier to solve problems, and representing the shape of the cube as a room, visualizing to determine the position of the elements an object in a cube shape and mentions changes in the position of elements in the object through the visualization it has done; mentioning the spatial relationships between the shapes in the cube by using the spatial concepts they already know; Draw a cube from different directions by imagining the shape of the cube.