Off-tasks adalah perilaku memalingkan perhatian dari tugas, tidak memperhatikan dan siswa mengalami kebingungan pada suatu pelajaran yang tidak berhubungan dengan pembelajaran yang terjadi di kelas sehingga dapat menganggu proses belajar siswa di sekolah. Perilaku off-tasks ini sering terjadi di sekolah yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran di dalam kelas menjadi terhambat. Penelitian ini berfokus pada 2 perilaku off-tasks yaitu berbicara sendiri dengan temanya pada saat jam pelajaran berlangsung dan meninggalkan tempat duduk tanpa izin guru. Perilaku ini terjadi di kelas atlet VIII SMPN 3 Gresik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengurangi perilaku yang tidak dikehendaki (off-tasks) pada pembelajaran siswa di kelas atlet VIII-A SMPN 3 Gresik setelah diberikan perlakuan dengan teknik self-management. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan Single Subject Design dengan menggunakan desain A-B. Pada penelitian ini berfokus kepada 4 subyek. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan keempat subyek mengalami perubahan sehingga terdapat penurunan rata-rata skor untuk fase baseline maupun fase intervensi. Subyek yang pertama SNL pada fase baseline memiliki rata-rata skor 13, pada fase intervensi rata-rata skor 12,5. Subyek yang kedua SH pada fase baseline memiliki rata-rata skor 10, pada fase intervensi rata-rata skor 8,3. Subyek yang ketiga VC pada fase baseline memiliki rata-rata skor 12,42, pada fase intervensi rata-rata skor 10,85. Subyek yang terakhir TWRA pada fase baseline memiliki rata-rata skor 9,7, pada fase intervensi rata-rata skor 7,6. Data ini menunjukkan bahwa keempat subyek mengalami penurunan pada masa intervensi dan penurunanya bersifat positif bagi subyek. Dapat disimpulkan terdapat penurunan rata-rata skor pada perubahan perilaku off-tasks dari keempat subyek SNL, SH, VC dan TWRA setalah diberikan perlakuan konseling individu dengan menggunakan teknik self-management.
Off-tasks are behaviors that turn away from the task. The students do not pay attention and students experience confusion in a lesson that is not related to learning that occurs in the classroom so that it can disrupt the learning process of students at school. Off-tasks behavior often occurs in schools that can be hampered by the learning process in the classroom. This research focuses on two off-tasks behaviors, namely speaking alone with the theme during the lesson and leaving a seat without the teacher's permission. This behavior occurs in 8 th grade student athlete class state junior high school 3 Gresik . The purpose of this study was to reduce learning off-tasks of 8 th grade students in athlete class state junior high school 3 Gresik after being treated with self-management technique. The design of this study uses the Single Subject Design approach using the A-B design. This study focuses on 4 subjects. Data collection technique are used observation and documentation. Based on the results of the research that has been conducted, the four subjects experienced changes so that there was a decrease in the average score for the baseline phase and the intervention phase. The first SNL subjects in the baseline phase had a mean score of 13, in the intervention phase the average score was 12.5. The second subject of SH in the baseline phase had an average score of 10, in the intervention phase the average score was 8.3. The third VC subjects in the baseline phase had a mean score of 12.42, in the intervention phase the average score was 10.85. The last TWRA subjects in the baseline phase had a mean score of 9.7, in the intervention phase the average score was 7.6. This data shows that the four subjects experienced a decrease in the intervention period and the decline was positive for the subjects. It can be concluded that there is a decrease in the average score on changes in off-tasks behavior of the four subjects SNL, SH, VC and TWRA after being given individual counseling treatment using self-management technique.