Modul pembelajaran stilasi ragam hias flora dan fauna merupakan sebuah pengembangan bahan ajar yang menciptakan kemandirian pada siswa untuk belajar mengenai ragam hias flora dan fauna khususnya ragam hias khas Pacitan. Modul pembelajaran stilasi ragam hias flora dan fauna diperuntukkan bagi siswa kelas VII dengan materi yang disesuaikan dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang diterapkan di SMP Negeri 3 Ngadirojo, Pacitan.
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dijelaskan, dapat diperoleh rumusan masalah sebagai berikut 1) Bagaimana konsep pengembangan modul cetak pembelajaran stilasi ragam hias flora dan fauna di SMP Negeri 3 Ngadirojo, Pacitan?, 2) Bagaimana proses dan prosedur pengembangan modul cetak pembelajaran stilasi ragam hias flora dan fauna di SMP Negeri 3 Ngadirojo, Pacitan? dan 3) Bagaimana hasil ujicoba pengembangan modul cetak pembelajaran stilasi ragam hias flora dan fauna di SMP Negeri 3 Ngadirojo, Pacitan?. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan skala Likert yang diubah menjadi persentase untuk menarik kesimpulan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Ngadirojo, Pacitan. Uji coba modul dilakukan sebanyak 3 tahap yaitu uji coba individu yang terdiri dari 3 siswa, uji coba kelompok kecil terdiri dari 10 siswa dan uji coba kelompok besar 20 siswa.
Hasil penelitian menghasilkan modul dengan ukuran A5 dengan jenis huruf Arial dan memiliki warna dominan biru dan jingga dengan gambar ragam hias pendukung. Hasil uji coba modul yang dilakukan yaitu 1) Uji coba individu menunjukkan persentase yaitu 87,5% dengan kategori sangat baik, 2) Uji coba kelompok kecil menunjukkan persentase yaitu 90,53% dengan kategori sangat baik dan 3) Uji coba kelompok besar menunjukkan persentase yaitu 90,73% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba keseluruhan menyatakan bahwa modul memiliki kategori sangat baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran stilasi ragam hias flora dan fauna.
Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Stilasi Ragam Hias Flora dan Fauna.
The stylation learning module for flora and fauna decoration is a teaching material development that creates students’ independence to learn about the flora and fauna decoration, especially the typical Pacitan decoration. The flora and fauna ornamental stylation learning modules are intended for VII grade students with materials that are adapted to the Main and Basic Competencies that are implemented in SMP Negeri 3 Ngadirojo, Pacitan.
Based on the background of the problem that has been explained, the following problem formulation can be obtained: 1) How is the concept of developing a print module for stylized flora and fauna decorative learning stylization in SMP Negeri 3 Ngadirojo, Pacitan ?, 2) What is the process and procedure for developing a decorative stylized learning stylation learning module flora and fauna in SMP Negeri 3 Ngadirojo, Pacitan? and 3) What are the results of the trial development of the print stylation learning module for flora and fauna ornamentation in SMP Negeri 3 Ngadirojo, Pacitan?. The research method used in this study was Research and Development (R&D) with interviews, observation, questionnaire and documentation data collection techniques. The data analysis technique used was a Likert scale that is changed to a percentage to draw conclusions. The subjects of the study were grade VII students at SMP Negeri 3 Ngadirojo, Pacitan. Module testing is carried out in 3 stages, namely individual trials consisting of 3 students, small group trials consisting of 10 students and large group trials of 20 students.
The results of the study produced a module with A5 size with Arial typeface and had a dominant color in blue and orange with supporting decorative designs. The results of the module trials are 1) Individual trials show a percentage of 87.5% with an outstanding category, 2) Small group trials show a rate of 90.53% with an excellent category, and 3) Large group trials show a percentage namely 90.73% with a perfect category. The overall trial results state that the module has an excellent category and is suitable for learning the stylization of ornamental flora and fauna.
Keywords: Development, Modules, Stilation of Variety of Ornamental Flora and Fauna.