ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran Jurisprudential Inquiry dan Problem Solving terhadap kemampuan kritis Siswa MTs N 1 Situbondo . Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan bentuk Quasi-Experimental Design dengan jenis pretest posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII G yang berjumlah 22 siswa dan VIII H yang berjumlah 24 siswa dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes dengan formulir uraian. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan independent sample t-test. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung 3,362 dan ttaraftabel dengansignifikansi (5%) 0,05, derajat kebebasan (db) = (n-2) maka diperoleh t(0,05) (44) tabel = 2,015. Hasil thitung>ttabel,yang menunjukkan hasil 3,362> 2,015. Sedangkan untuk tingkat signifikansi 5% (0,05) memiliki nilai signifikansi α> 0,05, yaitu (2-tailed) 0,694> 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Jurisprudential Inquiry pada pemikiran kritis siswa dengan indikator merumuskan kesimpulan, merumuskan pertanyaan, mengungkap masalah dan memberikan solusi alternatif.
ABSTRACT
The purpose of this study was to determine the effect of Jurisprudential Inquiry learning model and problem solving on critical thinking skills of MTs N 1 Situbondo students. This study uses experimental research design with the form of Quasi-Experimental Design with the type of pretest posttest control group design. The sample in this study was class VIII G numbering 22 students and VIII H a number of 24 students with purposive sampling sampling technique. The technique of collecting data uses test questions with the description form. The data analysis technique in this study is to use the independent sample t-test. The resultsof the hypothesis test show tcount 3.362 and ttable with a significance level (5%) 0.05, degree of freedom (db) = (n-2) then obtained t(0.05) (44) table = 2.015. The results of tcount>ttable,which shows the results of 3.362> 2.015. As for the significance level of 5% (0.05) has a significance value α> 0.05, i.e. (2-tailed) 0.694> 0.05. The results of this study indicate that there is a significant effect of the use of Jurisprudential Inquiry learning model on critical thinking of students with indicators formulating conclusions, formulating questions, revealing problems and providing alternative solutions.
Keywords:Jurisprudential Inquiry Learning Model, Problem Solving Learning Model, Student Critical Thinking.