Abstrak
Penggunaan buku ajar siswa berbasis inquiry learning berbantuan software EKTS merupakan salah satu langkah yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari pengembangan buku ajar ini adalah untuk mengetahui validitas buku ajar siswa, untuk mengetahui kepraktisan buku ajar siswa ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa, serta untuk mengetahui keefektifan buku ajar siswa ditinjau dari ketuntasan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development (R&D), dengan langkah penelitian: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk, (6) ujicoba produk, dan (7) analisis dan pelaporan. Pada penelitian ini rancangan uji coba yang digunakan adalah desain Pretest-Posttest. Uji coba buku ajar siswa dilakukan pada siswa kelas XI TITL 2 SMKN 2 Lamongan sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa tingkat kelayakan buku ajar siswa berbasis inquiry learning berbantuan software EKTS ditinjau dari aspek kevalidan dinyatakan sangat valid untuk digunakan dengan persentase rating sebesar 92,5%. Aspek kepraktisan ditinjau dari respon siswa dinyatakan sangat praktis dengan persentase rating sebesar 94% dan kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran sangat praktis dengan persentase rating sebesar 98%. Selanjutnya aspek keefektifan buku ajar dilihat dari hasil belajar ranah kognitif sangat efektif dengan hasil signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,00 yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan pencapaian hasil belajar pengetahuan peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan buku ajar siswa tersebut, keefektifan buku ajar dilihat dari hasil belajar ranah afektif dinyatakan sangat efektif dimana peserta didik tuntas dalam hasil belajar sikap sosial dengan persentase rating sebesar 87,7% dan sikap spiritual dengan persentase rating sebesar 88,75%, keefektifan buku ajar dilihat dari hasil belajar ranah psikomotor sangat efektif dimana berdasarkan analisis yang dilakukan di dapatkan hasil signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,00 yang menyatakan bahwa nilai hasil belajar siswa pada ranah keterampilan di atas KKM (75). Karena buku ajar siswa berbasis inquiry learning berbantuan software EKTS sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif maka sangat layak digunkan dalam pembelajaran di SMKN 2 Lamongan.
Kata Kunci: pembelajaran, buku ajar siswa, inquiry learning, hasil belajar IML.
Abstract
The use of student inquiry books based on EKTS software-based inquiry learning is one of the right steps to improve student learning outcomes. The purpose of the development of this textbook is to determine the validity of student textbooks, to know the practicality of student textbooks in terms of the implementation of learning and student responses, and to determine the effectiveness of student textbooks in terms of completeness of student learning outcomes. The research method used is the research and development (R&D) method, with research steps: (1) potential and problems, (2) data collection, (3) product design, (4) product validation, (5) product revision, (6) ) product trials, and (7) analysis and reporting. By using a Pretest-Posttest research design. The trial of student textbooks was conducted on students of class XI TITL 2 SMKN 2 Lamongan for 30 students. The results of the study showed that students' textbooks were declared to be very valid for use with a percentage rating of 92.5%. For the practicality of student textbooks in terms of student responses expressed very practical with a percentage of the rating of 94%. While the practicality of students' textbooks in terms of the feasibility of learning is stated to be very practical with a percentage of rating results of 98%. For the effectiveness of student textbooks stated to be very effective to be used is obtained from cognitive domain student learning outcomes where the significance is less than 0.05 ie 0.00 so it can be stated that there are differences in the achievement of students' learning outcomes before and after they are given teaching materials using student textbooks, the affective domain of students is complete in learning outcomes of social attitudes with a percentage of rating results of 87.7% and spiritual attitudes with a percentage of rating results of 88.75%, psychomotor domain where based on the analysis conducted where the significance is less than 0.05 ie 0.00 so that it can be stated that the value of student learning outcomes in the realm of skills above KKM (75). From the results of the research above, the development of student inquiry books based on inquiry learning assisted by EKTS software to improve student learning outcomes is very feasible to use at SMKN 2 Lamongan.
Keywords : learning, student textbooks, inquiry learning, IML learning outcomes.