ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TEKNIK MESIN UNESA TERHADAP PELAYANAN APLIKASI SIMME MENGGUNAKAN METODE RASCH MODEL
ANALYSIS OF SATISFACTION OF UNESA MECHANICAL ENGINEERING STUDENTS WITH SIMME APPLICATION SERVICES USING THE RASCH MODEL METHOD
Pandemi Covid-19 mengakibatkan aktifitas administrasi pada seluruh instansi dilakukan secara Work From Home (WFH). Hal tersebut memberi imbas terhambatnya proses pelayanan administrasi, pembuatan surat tugas dosen pembimbing, seminar proposal skripsi, maupun seminar hasil menjadi sangat lambat, dan tentunya hal tersebut sangat merugikan mahasiswa. Berdasarkan permasalahan tersebut Teknik Mesin UNESA menawarkan solusi dalam bentuk aplikasi “SiMME (Sistem Informasi Manajemen Teknik Mesin)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon dari mahasiswa dan efektivitas dari penggunaan aplikasi SiMME. Penelitian ini menggunakan metode observasi dengan teknik rasch model. Rasch model adalah teknik analisis data kuantitatif yang diperoleh dari angket oleh responden. Data yang diperoleh adalah data ordinal yang dirancang dengan menggunakan pemeringkatan Likert (skala peringkat 1 sampai dengan 5) dan dikonversi menjadi data rasio. Hasil yang diharapkan dari penelitian bisa mengetahui respon mahasiswa Teknik Mesin UNESA terhadap penggunaan aplikasi SiMME. Selain itu peneliti dapat mengetahui efektifitas penggunaan SiMME terhadap pelayanan administrasi Jurusan Teknik Mesin UNESA penggunan aplikasi SiMME diharapkan memberikan manfaat yang sesuai dengan tujuan penggunaanya. Setelah melakukan penelitian ini, peneliti dapat mengetahui bahwa respon mahasiswa sangat positif terhadap aplikasi SiMME, ditinjau dari uji reliabilitas person reliability yang mencapai 0,86 yang termasuk kategori baik dan uji validitas yang angka MNSQ dan ZSTD masih di dalam batas standard. Dari hasil perbandingan kuisioner dan data dari jurusan dapat diketahui bahwa aplikasi SiMME mempercepat proses administrasi menjadi 2 kali lipat dari sebelum penggunaan aplikasi SiMME.
Kata Kunci: Aplikasi SiMME, Teknik Rasch Model, Respon Mahasiswa
The Covid-19 pandemic has resulted in administrative activities at all agencies being carried out Work From Home (WFH). This has the impact of delays in the administrative service process, making supervisory assignment letters, thesis proposal seminars, and seminar results to be very slow, and of course this is very detrimental to students. Based on these problems, Mechanical Engineering UNESA department offers a solution in " application SiMME (Sistem Informasi Manajemen Teknik Mesin)". This study aims to determine the response from students and the effectiveness of using the SiMME application. This study used the observation method with the rasch model technique. The Rasch model is a quantitative data analysis technique obtained from a questionnaire by respondents. The data obtained is ordinal data designed using a Likert rating (1 to 5 rating scale) and converted into ratio data. The expected results of the research can determine the response of UNESA Mechanical Engineering students to the use of the SiMME application. In addition, researchers can find out the effectiveness of using SiMME for administrative services at the UNESA Department of Mechanical Engineering using the SiMME application which is expected to provide benefits in accordance with the intended use. After conducting this research, researchers were able to find out that student responses were very positive towards the SiMME application, in terms of the person reliability test which reached 0.86 which was included in the good category and the validity test where the MNSQ and ZSTD scores were still within standard limits. From the results of a comparison of the questionnaire and data from the department, it can be seen that the SiMME application speeds up the administrative process to 2 times compared to before using the SiMME application.
Keywords: SiMME Application, Rasch Model Technique, Student Response