Pengembangan Media Interaktif Topik Pengenalan Anggota Tubuh Untuk Anak Tunagrahita
Interactive Media Development Topic Introduction To Members Of The Body For Children
Abstract
Penelitian ini mengembangkan media interaktif untuk Anak berkebutuhan Khusus (ABK) sebagai media pendukung pembelajaran yang lebih kompeten dan sesuai kebutuhan anak tunagrahita. Perlu dilakukan perlakuan khusus agar pendidikan anak Tunagrahita berjalan maksimal. Hal ini disebabkan anak Tunagrahita dalam mempelajari dan memahami sesuatu sangat sulit dibanding dengan anak normal pada umumnya. Tujuan pengembangan media pembelajaran ‘Anggota Tubuhku’ ini adalah untuk mencukupi kebutuhan belajar anak tunagrahita, mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran dan menghasilkan media interaktif pada Anak Tunagrahita, serta Mendeskripsikan hasil skema tampilan media interaktif pengenalan anggota tubuh terhadap anak Tunagrahita. Dalam penelitian ini digunakan metode pengembangan milik Rudi Susilana dan Cepi Riyana.
Hasil penelitian yang pertama 1) terciptanya media anggota tubuhku sesuai metode pengembangan Rudi Susilana dan Cepi Riyana, karena model pengembangan media ini merupakan model pengembangan media yang terfokus pada pengembangan media. alur pengembangan dimulai dengan mengidentifikasi kebutuhan anak akan media, perumusan tujuan, perumusan butir-butir materi, perumusan alat pengukur keberhasilan, dan perancangan GBPM.2) Metode dalam perancangan media interaktif ini berangkat dari analisis Susilana dan Riyana, konsep pengembangan dimulai dari merancang media workflow dan wireframe hingga menjadi media dalam bentuk flash, lalu memberinya action script, kemudian melakukan uji coba media dan memperbaiki bug dari script yang error. Subyek dari penelitian yaitu anak Tunagrahita. Data berupa kelayakan media dalam segi visual, isi materi yang di sajikan dan hasil observasi anak. Hasil penelitian yakni terciptanya media ‘Anggota Tubuhku’ sesuai metode pengembangan Susilana dan Riyana. Media di kemas dalam bentuk CD yang berisi tutorial mengoperasikan dan software pendukung untuk membuka media. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran ‘Anggota Tubuhku’ untuk anak Tunagrahita layak dan mampu meningkatkan minat belajar anak.
Kata Kunci : Pengembangan, media interaktif, anggota tubuh, tunagrahita.
This study develops interactive media for children with special needs (ABK) as a learning support medium that is more competent and according to the needs of mentally retarded children. It is necessary to do special treatment so that the education of mentally retarded children runs optimally. This is because mentally retarded children in learning and understanding something are very difficult compared to normal children in general. The purpose of developing learning media for 'My Body Members' is to meet the learning needs of mentally retarded children, know the procedures for developing learning media and produce interactive media for mentally retarded children, and describe the results of the interactive media display scheme for the introduction of limbs to mentally retarded children. In this research, Rudi Susilana and Cepi Riyana's development method were used.
The results of the first research 1) the creation of media for my limbs according to the development method of Rudi Susilana and Cepi Riyana, because this media development model is a media development model that focuses on media development. The development flow begins with identifying children's needs for media, formulating objectives, formulating material items, formulating success measuring devices, and designing GBPM. 2) The method in designing interactive media departs from Susilana and Riyana's analysis, the concept of development starts from designing workflow media and wireframe to flash media, then give it an action script, then test the media and fix bugs from an error script. The subjects of the study were children with mental retardation. Data in the form of media feasibility in terms of visuals, the content of the material presented and the results of children's observations. The result of the research was the creation of the media for 'My Body Members' according to Susilana and Riyana's development method. The media is packaged in the form of a CD containing tutorials to operate and supporting software to open the media. The conclusion of this research is that the learning media 'My Body Members' for mentally retarded children are feasible and able to increase children's interest in learning.
Kata Kunci : Development, interactive, limbs, mental retardation.