Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya fenomena yang terjadi di media sosial Instagram sebagai ajang eksistensi diri. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan kesan yang dilakukan oleh Beauty Influencer di media sosial Instagram. Fokus utama penelitian ini adalah analisis dari aktifitas yang dilakukan objek dalam akun Instagram. Meliputi foto dan video yang diunggah guna meningkatkan citra diri sebagai bentuk dari tampilan Front Stage. Berikut juga dengan persiapan yang dilakukan untuk menunjang penampilan di panggung depan melalui berbagai aktivitasnya di luar kepentingan di Instagram sebagai bentuk dari tampilan Back Stage. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Melalui wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Penentuan informan dilihat dari engagement rate di atas 3% dan jenis beauty influencer yang masuk pada kategori micro influencer. Hasil dari penelitian ini ditemukan berbagai kesan yang ditampilkan pada Instagram beauty influencer untuk menunjang dirinya sebagai public figure. Dari aktifitas tersebut terlihat kesan yang dapat menimbulkan eksistensi sehingga menghasilkan berbagai keuntungan untuk seorang beauty influencer. Tetapi hal tersebut berbanding terbalik dengan kesan yang ditampilkan di belakang media sosial Instagram, yang mana tidak menampakan kesan-kesan seperti halnya tampilan dirinya di depan panggung.
Kata Kunci: Pengelolaan Kesan, Beauty Infuencer, Eksistensi.
This research is motivated by the rise of phenomena that occur on Instagram social media as a place of self-existence. The purpose of this research is to find out the impression management done by Beauty Influencer on Instagram social media. The main focus of this research is the analysis of the activities carried out by the object in an Instagram account including photos and videos uploaded to improve self-image as a form of Front Stage display. The following is also the preparation done to support the appearance on the front stage through various activities outside the interests on Instagram as a form of Back Stage display. This research uses a descriptive qualitative approach with case study methods and interviews, observation and documentation as data collection techniques. Determination of informants was seen from the engagement rate above 3% and the type of beauty influencer included in the micro influencer category. The results of this study found various impressions displayed on Instagram beauty influencers to support themselves as public figures. From these activities the impression that can lead to existence can be seen so as to produce various benefits for a beauty influencer. But this is inversely proportional to the impression displayed behind social media Instagram, which does not display impressions as well as the appearance of himself on stage
Keywords: Impression Management, Beauty Infuencer, Existence.