HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DAN KUALITAS HIDUP SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI KEDUNGDORO IV SURABAYA
The Relationship Between Physical Activity and Quality of Life for Students of Kedungdoro IV State Elementary School Surabaya
Kualitas hidup anak ditentukan oleh perilaku kesehatan dalam sehari-harinya baik dalam kondisi fisik maupun psikis. Aktivitas fisik merupakan salah satu cara untuk dapat menjaga dan meningkatkan kualitas hidupnya. Riset Data Kesehatan Dasar (RISKESDAS) menunjukkan bahwa aktivitas fisik masih sangat kurang, yaitu di bawah setengah atau 33,5%. Informasi ini terus berkembang dari eksplorasi masa lalu, yang hanya 26,1% dari populasi lengkap yang melakukan aktivitas fisik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan aktivitas fisik dan kualitas hidup anak. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Total 97 sampel berpartisipasi dalam penelitian ini. Physical Activity Questionairre-Children (PAQ-C) digunakan dalam mengukur aktivitas fisik anak. Sedangkan kualitas hidup pada anak menggunakan instrumen KidKINDL. Analisis data menggunakan analisis bivariate spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata anak melakukan aktivitas fisik dengan intensitas ringan hingga sedang yaitu sebanyak 72 anak (74,2%). Kategori item jenis aktivitas fisik anak menjadi yang tertinggi dengan skor mean 4,93 dan standar deviasi sebesar 1,92. Dan kategori aktivitas fisik saat jam makan siang menjadi yang terendah dengan skor mean 2,30 dan standar deviasi sebesar 1,38. Total rata-rata mean untuk kuesioner PAQ-C sebesar 3,22 dengan standar deviasi 1,29. Kemudian pada HRQoL dukungan sosial merupakan nilai tertinggi dengan mean 14,78 dengan standar deviasi sebesar 3.19. Untuk nilai terendah pada tabel tersebut terdapat pada skala kesejahteraan fisik dengan nilai mean 9,52 dengan standar deviasi sebesar 2,19. Dan total rata-rata dalam kuesioner kualitas hidup anak tersebut ialah 11,87 mean dan 2,99 untuk standar deviasi. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa adanya hubungan korelasi yang cukup searah antara aktivitas fisik dan kualitas hidup yang ditunjukkan dengan angka 0,259 pada nilai koefisien korelasi. Dan hubungan antara aktivitas fisik dengan kualitas hidup ialah signifikan, hal ini dapat dilihat angka probalitas pada p-value yang menunjukkan angka 0,011. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu aktivitas fisik memberikan berbagai manfaat dan pengaruh positif bagi kelangsungan hidup dan kesehatan anak. Sedangkan dari semua dimensi HRQoL dapat disimpulkan bahwa memiliki korelasi atau keterkaitan dalam menentukan kualitas hidup anak.
The quality of life of children is determined by their daily health behavior, both in physical and psychological conditions. Physical activity is one way to maintain and improve the quality of life. Basic Health Data Research (RISKESDAS) shows that physical activity is still very lacking, which is under half or 33.5%. This information continues to grow from past explorations, in which only 26.1% of the complete population did physical activity. The purpose of this study was to determine the relationship between physical activity and children's quality of life. The method in this research is descriptive quantitative with survey. A total of 97 samples participated in this study. The Physical Activity Questionnaire-Children (PAQ-C) was used to measure children's physical activity. While the quality of life in children using the KidKINDL instrument. Data analysis using Spearman bivariate. The results showed that on average the children did physical activity with light to moderate intensity as many as 72 children (74.2%). The category of children's physical activity items is the highest with a mean 4.93 and a standard deviation of 1.92. And the category of physical activity at lunchtime is the lowest with a mean of 2.30 and a standard deviation of 1.38. The total mean mean for the PAQ-C questionnaire is 3.22 with a standard deviation of 1.29. Then the HRQoL of social support is the highest value with a mean 14.78 with a standard deviation of 3.19. The lowest value in the table is on the physical welfare scale with a mean 9.52 with a standard deviation of 2.19. And the total average in the child's quality of life questionnaire is 11.87 the mean and 2.99 for the standard deviation. In this case, it can be said that there is a fairly unidirectional correlation between physical activity and quality of life as indicated by the number 0.259 in the correlation coefficient value. And the relationship between physical activity and quality of life is significant, this can be seen from the probability number on the p-value which shows the number 0.011. The conclusion of this study is that physical activity provides various benefits and positive effects on the survival and health of children. Meanwhile, from all dimensions of HRQoL, it can be concluded that there is a correlation or linkage in determining the quality of life of children