Saat membaca teks dalam Bahasa Inggris, sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam menerapkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) mereka karena itu adalah tingkat pemikiran lanjut yang membutuhkan kemampuan menerapkan dan mengevaluasi teks dalam Bahasa Inggris. Selain itu, siswa perlu fokus pada berpikir kritis, berpikir logis, berpikir reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif. Oleh karena itu, peneliti bertujuan untuk menyelidiki penerapan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi oleh siswa kelas sepuluh dalam memahami teks pengumuman.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif untuk menggambarkan siswa kelas sepuluh menerapkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) untuk memahami teks pengumuman dan kemampuan membaca siswa kelas sepuluh dalam memahami teks pengumuman melalui penerapan keterampilan berpikir tingkat tinggi.
Selanjutnya, penelitian ini dilakukan di salah satu kelas pemasaran siswa kelas sepuluh Sekolah Menengah Kejuruan di Surabaya. Objek penelitian ini adalah 40 siswa dan seorang guru Bahasa Inggris. Peneliti menggunakan observasi dan tugas pemahaman membaca siswa. Setelah mengumpulkan data, peneliti menganalisis data dengan menggambarkan informasi dari catatan lapangan dan tugas-tugas pemahaman membaca siswa.
Berdasarkan data, penerapan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi oleh siswa kelas sepuluh dalam memahami teks pengumuman, sejalan dengan taksonomi pembelajaran (Bloom, 1956) yang telah direvisi oleh Anderson & Krathewohl (2001). Selanjutnya, berdasarkan pada tugas siswa, sebagian besar siswa menjawab pertanyaan yang membutuhkan keterampilan menganalisis mereka dengan benar. Namun, beberapa siswa masih menjawab pertanyaan evaluasi dengan jawaban yang tidak tepat.
While reading text in English, most of students have difficulties in implementing their Higher Order Thinking Skills (HOTS) because it is the advance level of thinking that requires the ability of applying and evaluating text in English. In addition, the students need to focus on critical thinking, logical thinking, reflective thinking, metacognitive, and creative thinking. Therefore, the researcher aimed to investigate the implementation of Higher Order Thinking Skills by tenth graders in understanding announcement text.
This research used descriptive qualitative research to describe tenth graders’ implement higher-order thinking skills (HOTS) to understand announcement text and tenth graders’ reading ability in understanding announcement text through the implementation of higher-order thinking skills.
Further, this was conducted in one of tenth graders marketing class of Vocational High School in Surabaya. The object of this study were 40 students and an English teacher. The researcher used observation and students’ reading comprehension tasks. After collecting the data, the researcher analyzed the data by describing the information from the field note and students’ reading comprehension tasks.
Based on data, the implementation of Higher Order Thinking Skills by the tenth graders in understanding announcement text was in line with the learning taxonomy (Bloom, 1956) that had been revised by Anderson & Krathewohl (2001). Furthermore, based on the students’ task, most of the students answered the questions requiring their analyzing skills correctly. However, some students still answered the evaluating questions incorrectly.
Key words: reading comprehension, announcement text, Higher Order Thinking Skills