Evaluasi Terhadap Implementasi Lintas Minat Fisika siswa SMA Kelompok Peminatan Non MIPA
Evaluation of the Implementation of Cross Interest Physics Subject for Non-Mathematics and Natural Sciences Students at Senior High School
Abstrak. Lintas minat merupakan program yang bertujuan untuk memperluas dan mengembangkan minat, bakat dan kemampuan siswa dengan memilih mata pelajaran, di luar kelompok program peminatannya. Program lintas minat telah terlaksana selama beberapa tahun di Indonesia, namun masih sangat minim dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program ini, terutama lintas minat fisika. Agar dapat dilaksanakan lintas minat fisika yang lebih optimal kedepannya, maka diperlukan penelitian terkait evaluasi program lintas minat fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program lintas minat fisika dan mengidentifikasi kendala dalam pelaksanaannya, sehingga dapat dirumuskan solusi atas kendala yang ditemukan. Penelitian ini melibatkan 203 responden siswa IPS dari sekolah yang menerapkan program lintas minat fisika. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian evaluatif dengan metode deskriptif kualitatif, dimana pengumpulan data dihimpun dengan menggunakan kuesioner dan wawancara yang dilaksanakan secara online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih terdapat beberapa kendala dalam implementasi lintas minat fisika, diantaranya adalah kurang sesuainya pengelompokan kelas lintas minat dengan minat siswa, kurangnya jam mengajar guru, dan kurangnya partisipasi serta antusiasme siswa kelas lintas minat dibanding siswa kelas peminatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi program lintas minat fisika masih belum optimal. Melalui hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi dan menjadi pertimbangan kepada pihak-pihak terkait yang berwenang dalam pelaksanaan program lintas minat fisika, sehingga diharapkan adanya perbaikan pada implementasi program lintas minat fisika yang lebih baik.
Kata Kunci: Minat, lintas minat, evaluasi, dan implementasi
Abstract:Cross-interest is a program that aims to expand and develop students' interests, talents and abilities by selecting subjects outside the specialization program group. The cross-interest program has been implemented for several years in Indonesia, but there is still very little evaluation of the implementation of this program, especially across physics interests. For the implementation of cross-interest physics to be more optimal, research related to cross-interest program evaluation in physics is needed. This study aims to evaluate cross-interest programs in physics and identify obstacles in its implementation hence the solutions can be formulated. This study involved 203 social science students as respondents from schools which implementing cross-interest physics programs. This type of research uses evaluative research with qualitative descriptive methods, where data collection is compiled using questionnaires and interviews which are conducted online. The results of this study indicate that there are still several obstacles in the implementation of cross-interest classes in physics, including the inadequacy of class grouping across interests with student interests, lack of teacher teaching hours, and lack of participation and enthusiasm of cross-interest class students compared to specialization class students. Based on the research results, it can be concluded that the implementation of the cross-interest program in physics is still below expectation. Through the results of this research, it is presented an evaluation material and become a consideration for the relevant parties in charge of implementing the cross-interest physics program subsequently there will be improvements in the implementation of cross-interest physics program purposefully.
Keywords: Interests, cross interests, evaluation, and implementation