Literature Review: Learning Using Augmented Reality Media in Vocational High Schools
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah salah satu lembaga pendidikan yang berfokus mendidik siswa supaya memiliki tingkat keahlian yang dapat diakui di dalam dunia kerja/industri. Augmented Reality merupakan teknologi terkini dengan beberapa kelebihan yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengungkap validitas dan efektivitas media pembelajaran berbasis AR di SMK. (2) Untuk mengungkap validitas dan efektivitas media pembelajaran berbasis AR pada kelompok mata pelajaran normatif, adaptif dan produktif di SMK. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik literatur review. Dari hasil penelitian studi literatur yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) Media pembelajaran berbasis AR memiliki rata-rata validitas sebesar 87,18% dengan kategori sangat valid. Begitupun efektivitasnya dengan rata-rata sebesar 85,94% dengan kategori sangat efektif. 2) Media pembelajaran berbasis AR di SMK lebih valid untuk diterapkan pada kelompok mata pelajaran produktif dengan persentase 90,18%, kemudian normatif dengan persentase 88,29% dan terakhir adaptif dengan persentase 83,07%. Media pembelajaran berbasis AR lebih efektif untuk diterapkan pada kelompok mata pelajaran mata normatif dengan persentase 88,16%, kemudian produktif dengan persentase 85,96% dan terakhir adaptif dengan persentase 83,69%. Indikator yang menentukan validitas media pembelajaran adalah kesesuaian media dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar, kesesuaian media dengan tujuan pembelajaran, sesuai kebutuhan siswa dan kebermanfaatan. Indikator yang menentukan efektivitas media pembelajaran adalah hasil belajar siswa, aktivitas siswa, respon siswa dan pengelolaan pembelajaran.
Vocational High School (VHS) is one of the educational institutions that focuses on educating students to have a recognized level of expertise in the world of work/industry. Augmented Reality is the latest technology with several advantages that can be used as a medium of learning in schools. The aims of this study are: (1) To reveal the validity and effectiveness of AR-based learning media in VHS. (2) To reveal the validity and effectiveness of AR-based learning media in groups of normative, adaptive and productive subjects in VHS. This study uses qualitative research methods with literature review techniques. From the results of the literature study that has been done, it can be concluded that: 1) AR-based learning media has an average validity of 87.18% with a very valid category. Likewise the effectiveness with an average of 85.94% in the very effective category. 2) AR-based learning media in VHS is more valid to be applied to productive subject groups with a percentage of 90.18%, then normative with a percentage of 88.29% and finally adaptive with a percentage of 83.07%. AR-based learning media in VHS is more effective to be applied to normative subject groups with a percentage of 88.16%, then productive with a percentage of 85.96% and finally adaptive with a percentage of 83.69%. The indicators that determine the validity of learning media are the suitability of the media with core competencies and basic competencies, the suitability of the media with learning objectives, according to student needs and usefulness. Indicators that determine the effectiveness of learning media are student learning outcomes, student activities, student responses and learning management.