Munculnya berbagai macam jenis fastfood dengan dominasi restoran ala Amerika sangat kuat di Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa restoran asing cukup digemari oleh masyarakat di Indonesia. Diiringi dengan pengaruh Westernisasi (perilaku kebarat-baratan) yang membuat pola konsumsi yang menonjolkan kemewahan, kesenangan, dan berfoya-foya menghamburkan uang cukup mempengaruhi gaya hidup masyarakat saat ini. Persaingan strategi perusahaan dalam memperebutkan pasar sangatlah ketat sehingga mereka berlomba-lomba dalam meningkatkan strateginya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan membahas pengaruh gaya hidup konsumtif dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian Burger King.
Populasi dalam penelitian ini ialah pengunjung gerai Burger King di Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan metode judgemental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 220 responden dan untuk pengumpulan data menggunakan kuisioner offline Skala pengukuran menggunakan skala likert. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup konsumtif berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, dan promosi penjualan berpengaruh positif pada keputusan pembelian. Akan tetapi dalam penelitian ini variabel yang lebih memiliki pengaruh lebih besar yakni variabel promosi penjualan
Kata Kunci : Gaya hidup konsumtif, promosi penjualan dan keputusan pembelian.
The emergence of various typesof fastfood with the predominance of American-style restaurants is very intense in Indonesia. This proves that foreign restaurants are quite populR mong Indonesian people. Accompanied by the influence of westernization (westernized behavior) that makes consumption patterns that accentuate luxury, pleasure and spree spending money are enough to influence people’s lifestyle today. The company’s strategy competition in fighting over the market becomes very tough, so they are competing to improve their company strategy.
Population of this research is consumer of Burger King in Surabaya. The sampling method of this research was non-probability sampling with judgemental sampling method with a total sample of 220 respondents. This research instrument used an offline questionnaire with likert scale while multiple linear regression were used in order to analysis the dat.
The result of this research indicate that consumptive lifestyle have a significant positive effect toward purchase decision, and sales promotion have a significant positive effect toward purchase decision. But in this research value shows that sales promotion variable has larger influence.
Keywords : consumptive lifestyle; sales promotion; purchase decision.