Hubungan Minat Membaca Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga Angkatan 2016
interest in reading about the learning achievement of students majoring in sports education class of 2016
Minat membaca adalah keinginan kuat yang mendorong seseorang untuk melakukan kegiatan membaca atas kemauannya sendiri dan didasari dengan perasan senang. Dalam kegiatan membaca tersebut, pembaca memiliki keinginan untuk dapat memahami makna yang dimaksud penulis dalam bentuk tulisan sehingga mempunyai wawasan yang luas untuk bertujuan menghasilkan prestasi belajar yang baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan minat membaca dengan prestasi belajar mahasiswa di jurusan pendidikan olahraga angkatan 2016 Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini penelitian non eksperimental dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis uji korelasi. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah angket yang meliputi indikator perasaan senang membaca buku, kebutuhan terhadap bacaan buku, ketertarikan terhadap buku, keinginan mencari bahan bacaan buku. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis ini menggunakan teknik analisis statistik dengan cara uji korelasi menggunakan SPSS versi 21, dalam nilai taraf α = 0,05. Berdasarkan hasil data yang diperoleh nilai signifikansi 0,293 karena nilai signifikansi > 0,005 maka Ha ditolak, artinya antara variabel minat membaca dan prestasi tidak terdapat hubungan yang signifikan. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa minat membaca tidak mempunyai hubungan dengan prestasi belajar .
Kata Kunci: minat membaca, prestasi belajar
Reading interest is a strong desire that drivers a person do reading activities of his own volition and based on feelings of pleasure. In the reading activity readers have a desire to be able to understand the intended meaning author in written from so have board insight to aim to produce good learning achievement. The purpose of this study was to relationship between reading interest and learning achievement achievement in the 2016 Sports Education Department Surabaya State University. This research is a non-experimental research with a quantitative approach using the correlation method. In this study the instrument used was a questionnaire which included indicators of feeling happy reading books, the need for reading books, interest in books, the desire to find book reading material. Sampling using simple random sampling technique. This analysis technique uses statistical analysis techniques by means of a correlation test using SPSS version 21, at a level value of α = 0.05. Based on the results of the data obtained a significance value of 0.293 because the significance value > 0.005 then Ha is rejected, This means that there is no significant relationship between reading interest and achievement variables. With this it can be concluded that interest in reading has no relationship to learning achievement
Keywords: reading interest, learning achievement