Teacher's Initiation and Feedback in Intensive Speaking Program
Interaksi memainkan peranan yang sangat penting di dalam kelas antara para siswa dan juga guru. Penelitian ini diselenggarakan untuk mempelajari cara-cara guru dalam menginisiasi interaksi dan memberikan umpan balik kepada respon-respon yang diberikan para siswa dan juga dimaksudkan untuk mengetahui pandangan para siswa dan guru terhadap interaksi yang mereka lakukan di dalam kelas.
Studi kasus dilakukan di sebuah lembaga Bahasa Inggris yang memediasi para guru dan siswa dengan tujuan belajar Bahasa Inggris yang berbeda-beda dalam konteks kelas di mana hanya ada satu (1) guru dan satu (1) siswa di dalam satu kelas. Observasi dilakukan di lima (5) kelas untuk melihat bagaimana para guru menginisiasi interaksi dan memberikan umpan balik terhadap respon yang diberikan para siswa. Wawancara dilakukan untuk mengetahui pandangan para siswa dan guru terhadap interaksi mereka di dalam kelas. Analisis data dilakukan dengan mengikuti tahapan koleksi data, reduksi data, penyajian data.
Hasil menunjukkan bahwa para guru menginisiasi interaksi dan memberikan umpan balik dengan menerapkan semua strategi dengan frekuensi yang berbeda-beda dan elicitation sebagai strategi yang paling sering digunakan. Namun siswa juga ditemukan melakukan inisiasi yang berkontribusi besar bagi kelanjutan interaksi selama proses belajar mengajar. Sangat disarankan untuk peneliti selanjutnya untuk meneliti strategi non-linguistik yang digunakan oleh para guru untuk menginisiasi dan memberi umpan balik karena strategi ini juga ditemukan selama observasi penelitian ini.
Interaction plays a very important role in the classroom between students and teachers. This research was conducted to study the ways teachers initiate the interaction and give feedback to the students’ responses and was also meant to find out the students’ and teachers’ views towards their interaction in the classroom.
Case study was conducted in an English institution mediating the teachers and students with different goals in the context of one student and one teacher in a class. This study employed observation to see the ways teachers initiate the interaction and give feedback to the students’ responses. Interview was undertaken to know students’ and teachers’ views towards their interaction in the classroom. There were 5 cases observed. The data analysis was conducted following the series of data collection, data reduction, and data display.
The result shows that the teachers initiated the interaction and gave feedback by employing all strategies with different frequency with elicitation as the most frequently used strategy. However, student was also found to give initiation which gave much contribution to the continuation of the interaction during the teaching and learning process. It is recommended for the next researchers to study on the non-linguistic strategies employed by teachers to initiate and give feedback since they were also found during the observation of this study.