Pengembangan Media PAPINJUR Game Materi Penjumlahan dan Pengurangan Kelas I Sekolah Dasar
PAPINJUR GAME MEDIA DEVELOPMENT ADDITION AND SUBTRACTION MATERIAL FOR CLAS I PRIMARY SCHOOL
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menghasilkan produk media pembelajaran untuk sekolah dasar. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran PAPINJUR Game pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan kelas I sekolah dasar dan juga untuk mengetahui tingkat kelayakannya. Model penelitian yang digunakan adalah ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation) dengan empat tahap yang masing-masing tahapannya disertai dengan evaluasi. Sedangkan tingkat kelayakan media pembelajaran PAPINJUR Game ditinjau dari tiga aspek yang meliputi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi materi oleh ahli materi mendapat skor sebesar 93,8% yang termasuk dalam kategori sangat valid, serta skor 85% untuk validasi media divalidasi oleh ahli media yang termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan diperoleh dari hasil responden peserta didik dan pendidik mencapai skor 92,5% dari peserta didik dan 100% dari pendidik sehingga keduanya termasuk kategori sangat praktis. Tingkat keefektifan mendapatkan nilai gain 0,52 dengan kategori efektif tingkat sedang yang diperoleh dari hasil perhitungan Pretest dan Posttest. Berdasarkan hasil data yang diperoleh maka media pembelajaran PAPINJUR Game ini layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan kelas I sekolah dasar.
This research is development research that produces learning media products for elementary schools. The aim of the research carried out was to determine the process of developing the PAPINJUR Game learning media on the material for addition and subtraction arithmetic operations in grade I elementary school and also to determine the level of feasibility. The research model used is ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation) with four stages, each stage accompanied by an evaluation. Meanwhile, the level of feasibility of the PAPINJUR Game learning media is reviewed from three aspects which include validity, practicality and effectiveness. The results of this research show that the results of material validation by material experts received a score of 93.8% which is included in the very valid category, and a score of 85% for media validation was validated by media experts which is included in the very valid category. The practicality test results obtained from student and educator respondents reached a score of 92.5% from students and 100% from educators so that both are in the very practical category. The level of effectiveness obtained a gain value of 0.52 with a medium level effective category obtained from the results of the Pretest and Posttest calculations. Based on the data obtained, the PAPINJUR Game learning media is suitable for use in learning activities regarding addition and subtraction arithmetic operations for class I elementary school.