PENGARUH LITERASI KEUANGAN, UANG SAKU, KONTROL DIRI, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU MENABUNG MAHASISWA
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui serta menganalis antara pengaruh literasi keuangan, uang saku, kontrol diri, dan teman sebaya baik secara simultan maupun parsial terhadap perilaku menabung mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya serta pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria mahasiswa yang memiliki buku tabungan serta mahasiswa yang telah menempuh mata kuliah pengantar akutansi, akuntansi keuangan, akuntansi manjemen dan akuntansi perbankan sehingga responden menjadi 174 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes serta kuesioner. Sedangkan untuk teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 24. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa baik secara simultan maupun parsial literasi keuangan, uang saku, kontrol diri, dan teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap perilaku menabung mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.
The purpose of this research is to know and analyze the influence of financial literacy, pocket money, self-control, and peers both simultaneously and partially on the Accounting Education students Economics Faculty in State University of Surabaya. The research used quantitative research. The population in this study were Accounting Education students Economics Faculty in State University of Surabaya and sampling using purposive sampling technique so respondents became 174 respondents. Data collection techniques used were test and questionnaires. As for data analysis technique the researcher will used multiple linier regression analysis was done using SPSS 24.00. Based on the results of data analysis that has been done that both simultaneously and partially financial literacy, pocket money, self-control, and peers have a significant effect on behavior saving in Accounting Education students Economics Faculty in State University of Surabaya.