Development of Interactive Module Based on Realistic Mathematics Education for the Material of Numbers
Selama pandemi Covid 19 yang menuntut pembelajaran jarak jauh atau online membuat materi pembelajaran sulit dipahami siswa, terutama materi bilangan di sekolah menengah pertama. Salah satu cara yang dapat digunakan guru untuk memfasilitasi siswa dalam belajar adalah dengan melakukan pendekatan, salah satunya dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Untuk menunjang pembelajaran online dimana siswa dapat belajar secara mandiri dengan bimbingan guru maka media pembelajaran menjadi sangat penting. Salah satu media pembelajaran yang dikembangkan adalah RME berbasis modul interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana proses pengembangan modul interaktif berbasis realistic mathematics education pada materi bilangan dan bagaimana hasil pengembangan modul interaktif diukur dari aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan sebagai media pembelajaran alternatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan, model yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 15 siswa kelas 7 SMP. Hasil pengujian modul valid dengan persentase 76,13% valid, dari guru 92,49% praktis, dari siswa 86,33% praktis, dan keefektifan 88,66%. Keunikan modul interaktif ini adalah memiliki fitur-fitur interaktif seperti video, soal latihan, dan media pembelajaran terkait. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, modul interaktif dapat dikatakan sebagai media pembelajaran matematika yang baik sehingga guru dan siswa dapat menggunakan media ini sebagai alternatif pembelajaran materi bilangan.
During the Covid 19 pandemic, which required distance or online learning makes learning material difficult for students to understand, especially number material in junior high schools. One of the ways that teachers can use to facilitate students in learning is by taking approaches, one of which is the Realistic Mathematics Education (RME) approach. To support online learning where students can study independently with teacher guidance so that learning media is very important. One of the learning media developed is an interactive module based RME. The purpose of this research is to describe how the process of developing interactive modules based on realistic mathematics education on numbers and how the results of developing interactive modules are measured from the aspects of validity, practicality, and effectiveness as an alternative learning media. This study used research and development methods, the model used in this research was ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The subjects of this study were 15 students in grade 7 junior high school. The test results showed that the module is valid with a percentage of 76,13% valid, from teachers 92,49% practical, from students 86,33% practical, and 88,66% effectiveness. The uniqueness of this interactive module is that it has interactive features such as videos, practice questions, and related learning media. Based on the research conducted, the interactive modules can be said to be a good mathematics learning medium so that teachers and students can use this media as an alternative to learning number material.