EKSPLORASI BUDAYA DIBA’IYAH KUBROAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep matematika yang ditemukan dalam budaya Diba’iyah Kubroan yang dijadikan sebagai sumber belajar berbasis etnomatematika bagi siswa di sekolah dasar dan mendeskripsikan implementasi pembelajaran matematika yang dikaitkan dengan budaya Diba’iyah Kubroan. Selain itu, untuk mengetahui tanggapan guru terkait implementasi pembelajaran matematika yang dikaitkan dengan budaya Diba’iyah Kubroan dan hasil temuan eksplorasi konsep matematika pada budaya Diba’iyah Kubroan. Penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif tipe transformatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi autoetnografi, studi literatur dan triangulasi (observasi, wawancara dan dokumentasi).
Data dianalisis menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat konsep matematika yang ditemukan dalam budaya Diba’iyah Kubroan yaitu berupa konsep bangun datar pada perlengkapan Diba’iyah Kubroan. Dari hasil eksplorasi konsep matematika pada budaya Diba’iyah Kubroan dan implementasi pembelajaran matematika yang dikaitkan dengan budaya Diba’iyah Kubroan mendapatkan tanggapan yang positif dari guru yang dapat dijadikan referensi sumber belajar berbasis etnomatematika dan pembelajaran etnomatematika untuk kedepannya.
Kata Kunci : Eksplorasi, Budaya Diba’iyah Kubroan, Etnomatematika, Implementasi Pembelajaran Matematika
This research aims to explain the mathematical concepts found in the Diba'iyah Kubroan culture, which are used as a source of ethnomathematics-based learning for elementary school students, and to describe the implementation of mathematics learning associated with the Diba'iyah Kubroan culture. Additionally, it aims to understand teachers' responses regarding the implementation of mathematics learning linked to the Diba'iyah Kubroan culture and the findings from the exploration of mathematical concepts in the Diba'iyah Kubroan culture. This research employs a qualitative method of the transformative type.
The data collection techniques used are autoethnography, literature study, and triangulation (observation, interviews, and documentation). The data were analyzed using the data analysis techniques by Miles and Huberman, which include data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing and verification. The results of the study indicate that there are mathematical concepts found in the Diba'iyah Kubroan culture, specifically in the form of plane figures in Diba'iyah Kubroan equipment. The exploration of mathematical concepts in the Diba'iyah Kubroan culture and the implementation of mathematics learning associated with the Diba'iyah Kubroan culture received positive feedback from teachers, which can be used as a reference for ethnomathematics-based learning resources and ethnomathematics learning in the future.
Keywords: Exploration, Diba'iyah Kubroan Culture, Ethnoma Mathematics Learning Implementation