Analisis Potensi Implementasi Metaverse pada Media Edukasi Interaktif
Analysis of Potential Implementation of Metaverse in Interactive Educational Media
Kualitas pendidikan Indonesia berada di peringkat ke-54 dari total 78 negara pada tahun 2021. Indonesia harus mulai menuju sistem edukasi 4.0 yang mengaplikasikan media edukasi berbasis teknologi digital. Akhir tahun 2021, Facebook mengumumkan perubahan nama menjadi Meta dengan mengusung ide masa depan internet bernama Metaverse. Metaverse adalah teknologi digital yang mampu menciptakan dunia virtual 3D berbasis Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). Metaverse sebagai media baru berpotensi cukup besar sebagai media edukasi interaktif. Artikel ilmiah ini menggunakan metode studi deskripsi dengan pendekatan penelitian kepustakaan, dimana artikel ini akan membahas Metaverse lalu dikaitkan dengan artikel atau jurnal mengenai media edukasi. Selanjutnya, analisis dilakukan dengan metode Analysis Interactive Model Miles and Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pembahasan pada artikel ini menjelaskan potensi Metaverse sebagai media edukasi beserta analisis penerapan Metaverse berbasis AR dan VR dari segi desain. Desainer memiliki peran penting dalam pembuatan media pendidikan di era Metaverse, dimana prinsip-prinsip desain meliputi layouting, tipografi, prinsip warna, serta persepsi bidang dan ruang perlu diterapkan untuk membangun pengalaman dunia virtual yang nyaman bagi penggunanya.
Indonesia’s education level in 54th of 78 countries. Indonesia has to improve 4.0 education system according to development of digital technology. At the end of 2021, Facebook change its name to Meta by bringing out idea of the future of internet called Metaverse. Metaverse is a digital technology that is able to create 3D virtual world based on Augmented Reality and Virtual Reality. Metaverse has considerable potential as the newest interactive educational media. The descriptive study method uses a library research approach, the author discusses Metaverse technology then make a correlation to articles and journals about educational media. Furthermore, the authors conducted an analysis using Miles and Huberman Analysis Interactive Model method. The results of the discussion chapter in this article will explain the potential of Metaverse as the latest educational media and analysis of Metaverse based on AR and VR from a design perspective. Designers have an important role in creating Metaverse media. Design principles need to be applied, including layouting, typography, color principle, form and space perception to build a comfortable virtual world experience for users.