KEMAMPUAN LITERASI STATISTIS SISWA SMA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISTEMATIS DAN INTUITIF
STATISTICAL LITERACY SKILLS OF HIGH SCHOOL STUDENTS IN TERMS OF SYSTEMATIC AND INTUITIVE COGNITIVE STYLE
Kemampuan seseorang dalam memahami, menginterpretasi, mengevaluasi, dan mengomunikasikan data atau statistik disebut sebagai kemampuan literasi statistis yang dapat dipengaruhi oleh gaya kognitif sistematis dan intuitif seseorang dalam memperoleh dan memproses informasi di dalam otaknya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan literasi statistis siswa SMA yang memiliki gaya kognitif sistematis dan siswa SMA yang memiliki gaya kognitif intuitif dengan subjek penelitian siswa kelas XII-IPA masing-masing satu siswa pada tiap gaya kognitif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan instrumen utama penelitian yaitu peneliti sendiri dan instrumen pendukung berupa tes gaya kognitif, tes literasi statistis, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi statistis siswa SMA yang memiliki gaya kognitif sistematis berada pada kategori baik karena mampu memenuhi 3 (tiga) dari 4 (empat) indikator literasi statistis yang telah ditentukan yaitu siswa mampu memahami data, siswa mampu menginterpretasi data, dan siswa mampu mengomunikasikan data, sedangkan siswa SMA yang memiliki gaya kognitif intuitif berada pada kategori sangat baik karena siswa mampu memenuhi semua indikator literasi statistis yang telah ditentukan yaitu siswa mampu memahami data, siswa mampu menginterpretasi data, siswa mampu mengevaluasi data, dan siswa mampu mengomunikasikan data. Oleh karena itu, guru diharapkan dapat memberikan soal-soal statistika yang memuat informasi dengan konteks nyata kehidupan sehari-hari beserta penjelasan grafik, tabel, atau diagram namun dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi agar siswa dapat meningkatkan kemampuan literasi statistisnya, serta guru tidak membatasi bagaimana siswa menjawab supaya siswa dapat bekerja secara sistematis dan intuitif sesuai gaya kognitifnya masing-masing.
A person's ability to understand, interpret, evaluate, and communicate data or statistics is referred to as statistical literacy ability which can be influenced by a person's systematic and intuitive cognitive style in obtaining and processing information in his/her brain. The purpose of this study is to describe the statistical literacy skills of high school students who have a systematic cognitive style and high school students who have an intuitive cognitive style with one student in each cognitive style as the research subject. This type of research is descriptive qualitative with the main research instrument, namely the researcher himself and supporting instruments in the form of cognitive style tests, statistical literacy tests, and interview guidelines. The results of this study indicate that the statistical literacy ability of high school students who have a systematic cognitive style is in the good category because they are able to meet 3 (three) of the 4 (four) statistical literacy indicators that have been determined, namely students are able to understand data, students are able to interpret data, and students are able to communicate data, while high school students who have an intuitive cognitive style are in the very good category because students are able to meet all predetermined statistical literacy indicators, namely students are able to understand data, students are able to interpret data, students are able to evaluate data, and students are able to communicate data. Therefore, teachers are expected to be able to provide statistical questions that contain information in the real context of daily life along with explanations of graphs, tables, or diagrams but with a higher level of difficulty so that students can improve their statistical literacy skills, and teachers do not limit how students answer so that students can work systematically and intuitively according to their respective cognitive styles.