PENGARUH MEDIA ULAR TANGGA QR CODE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK USIA 5-6 TAHUN
THE EFFECT OF THE MEDIA OF SNAKES AND LADDER USING QR CODE ON LOGICAL THINKING ABILITY IN CHILDREN AGED 5-6 YEARS
Kemampuan berpikir logis merupakan salah satu kemampuan kognitif anak yang perlu dikembangkan sejak usia dini. Peningkatan kemampuan berpikir logis dapat dilakukan menggunakan media yang menarik berupa permainan ular tangga qr code. Penggunaan media yang dikombinasikan dengan teknologi qr code dapat menarik minat dan memberikan motivasi anak dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengkaji ada tidaknya pengaruh media ular tangga qr code terhadap kemampuan berpikir logis pada anak di kelompok TK B usia 5-6 tahun di Kecamatan Mantewe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantiatif dengan desain penelitian quasy-eksperimental dengan jenis non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes non formal dengan worksheet dan wawancara. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Mantewe sebanyak 40 sampel yang terdiri dari kelompok eksperimen 20 anak dan kontrol 20 anak. Teknik analisis statistik parametrik dengan menggunakan uji paired sample t- test. Setelah dilakukan treatment permainan ular tangga qr code, diperoleh hasil nilai signifikasnsi pada pre-test dan post-test kelompok eksperimen sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat dinyataakan H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada perbedaan antara kemampuan berpikir logis anak sebelum diterapkan media permainan ular tangga qr code dan kemampuan berpikir logis anak sesudah diterapkan media permainan ular tangga qr code. Lebih lanjut, diharapkan penelitian ini dapat digunakan guru dan dapat memberikan kontribusi khususnya dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis anak usia dini.
Kata Kunci: ular tangga, qr code, berpikir logis.
The ability to think logically is one of the cognitive abilities of children that need to be developed from an early age. Improving logical thinking skills can be done using interesting media in the form of a game of snakes and ladders qr code. The use of media combined with qr code technology can attract interest and motivate children in learning activities. The purpose of this study was to examine whether or not there is an influence of the qr code snake and ladder media on the logical thinking ability of children in the TK B group aged 5-6 years in Mantewe District. This study uses a quantitative approach with a quasi-experimental research design with a non-equivalent control group design. Data collection techniques using non-formal tests with worksheets and interviews. The research subjects were the children of group B in Pembina State Kindergarten, Mantewe Subdistrict with 40 samples consisting of an experimental group of 20 children and a control group of 20 children. Parametric statistical analysis technique using paired sample t-test. After the treatment of the snake and ladder game qr code, the results obtained a significant value in the pre-test and post-test of the experimental group of 0.000 <0.05. Then it can be stated that H0 is rejected and Ha is accepted, meaning that there is a difference between the child's logical thinking ability before the qr code snake and ladder game media is applied and the child's logical thinking ability after the qr code snake ladder game media is applied. Furthermore, it is hoped that this research can be used by teachers and can contribute especially in improving the logical thinking ability of early childhood.
Keywords: snake ladder, qr code, logical thinking.