HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KABUPATEN MAGETAN
The Relationship Between Learning Environment And Learning Motivation To Students’ Learning Result In State Junior High Schools in Magetan Regency
Dewi Sulistyowati, Elisabet. 2024. Hubungan Lingkungan Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kabupaten Magetan. Tesis. Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi S2 Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Dr. Nunuk Hariyati, M.Pd. dan (II) Dr. Amrozi Khamidi, S.Pd., M.Pd.
Pendidikan merupakan salah satu hak dasar bagi seluruh umat manusia. Dalam peranannya, pendidikan dapat membantu kelancaran kehidupan individu. Pendidikan yang ideal salah satunya ditentukan oleh lingkungan belajar, merupakan bagian dari proses belajar yang menciptakan tujuan belajar. Lingkungan belajar dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Tujuan dari penelitian in adalah untuk mengetahui Hubungan Lingkungan Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kabupaten Magetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan korelasi atau hubungan antar variabel penelitian. Jenis penelitian menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data dari sampel suatu populasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMP Negeri di Kabupaten Magetan yang diwakili 4 SMP Negeri, jumlah populasi pada penelitian 2350 siswa. Teknik pada penelitian ini adalah proportional random sampling. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa SMP Negeri di Kabupaten Magetan. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) yang digunakan untuk variabel pengaruh lingkungan dan motivasi belajar. Hasil penelitian Nilai signifikansi sebesar 0,000 atau < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci: lingkungan belajar, motivasi belajar, dan hasil belajar
Dewi Sulistyowati, Elisabet. 2024. The Relationship Between Learning Environment And Learning Motivation To Students’ Learning Result In State Junior High Schools in Magetan Regency. Thesis. Faculty of Education, Masters in Education Management Study Program, Universitas Negeri Surabaya. Supervisor (I) Dr. Nunuk Hariyati, M.Pd. and (II) Dr. Amrozi Khamidi, S.Pd., M.Pd.
Education is one of the basic rights for all human beings. In its role, education can help smooth individual lives. Ideal education is determined by the learning environment, which is part of the learning process that creates learning goals. The learning environment and learning motivation have a significant effect on learning achievement. The aim of this research is to determine the relationship between the learning environment and learning motivation with student learning outcomes in state junior high schools in Magetan Regency. This research uses a quantitative approach with a correlation design or relationship between research variables. This type of research uses a questionnaire to collect data from a sample of a population. The population in this study were State Middle School students in Magetan Regency, represented by 4 State Middle Schools, the total population in the study was 2350 students. The technique in this research is proportional random sampling. The research subjects in this study were State Middle School students in Magetan Regency. The instrument in this research uses a questionnaire which is used for environmental influence variables and learning motivation. The research results have a significance value of 0.000 or <0.05 so it can be concluded that there is a relationship between learning motivation and the learning environment on student learning outcomes.
Keyword: learning environment, learning motivation, and learning outcomes