Pembelajaran merupakan kegiatan yang tersusun secara sistematis dan terencana. Sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, guru perlu merancang aktivitas yang berkaitan langsung dalam proses belajar mengajar supaya dapat melaksanakan proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Pada dasarnya pembelajaran bermakna sebagai upaya yang dilakukan pendidik melalui strategi, metode, dan pendekatan kearah pencapaian tujuan belajar yang telah ditetapkan. Model project based learning merupakan salah satu model pembelajaran yang diharapkan mampu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Penelitian ini memiliki 1 tujuan, yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kreativitas peserta didik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Puisi Rakyat (Pantun) Kelas VII SMP YPM Sarirogo – Sidoarjo. Metode peneilitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes unjuk kerja berupa Lembar Kerja Siswa untuk mengetahui kreativitas peserta didik dalam menulis Puisi Rakyat Pantun, observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa dalam keterlaksanaan project based learning dengan proses belajar mengajar dan Uji Hipotesis untuk mengetahui adanya signifikan dalam pengaruh project based learning terhadap kreativitas siswa.
Berdasarkan hasil analisis data lembar kerja diketahui bahwa adanya peningkatan kreativitas karena siswa memecahkan masalah secara berkelompok melalui pembuatan karya, sehingga mereka dapat aktif berpikir kretif. Dalam analis data observasi menyatakan aktivitas guru dan siswa disimpulkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dalam kategori baik. Sedangkan hasil analisis data dari kreativitas siswa menunjukkan bahwa model pembelajaran project based learning memiliki signifikan, hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya uji One Qay Anava pada post –test dengan F hitung yng diperoleh lebih besar dari F tabel atau 10,08 > 2,67 maka Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti bahwa nilai post –test meningkat secara signifikan karena adanya perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran project based learning.
Kata kunci: Project Based Learning, Menulis Puisi Rakyat, Kreativitas
Learning is an activity arranged systematically and planned. Before learning activities begin, the teacher needs to design activities that are directly related to the teaching and learning process in order to the class be able to carry out the learning process in accordance with the objectives to be achieved. Basically meaningful learning as an effort carried out by educators through strategies, methods, and approaches towards achieving determined learning goals. The model of project based learning is one of the learning models that are expected to be able to achieve determined learning goals.
This research has 1 goal, to know the effect of the learning model Project Based Learning on the creativity of students in Indonesia Subjects of Folk Poetry (Rhyme) Second grade of YPM Sarirogo Middle School - Sidoarjo. The research method used in this research is a quantitative method. In collecting data, researchers used performance tests in the form of Student Worksheets to determine the creativity of students in writing Folk Poetry (Rhyme), observations were made to observe the activities of teachers and students in the implementation of project based learning with the teaching learning process and Hypothesis Test to find out the significant influences project based learning on student creativity.
Based on the results of the worksheet data analysis it is known that there is an increase of creativity because of students solve the problems in groups through making works, so that they can actively think creatively. In the analysis data observations state the activities of teachers and students were concluded as the implementation of learning in a good category. While the results of data analysis from student creativity shows that the learning model of project based learning has a significant, it can be proven by the One Qay Anava test in the post-test with F count which obtained a greater than F table or 10.08> 2.67 then Ha is accepted and Ho is rejected, which means that the post-test value increases significantly because of the treatment using the project based learning learning model.
Key words : Project Based Learning, Writing Folk Poetry, Creativity