Media Buku Bergambar Tematik Sebagai Penunjang Pembelajaran Kosakata Bahasa Jerman Bagi Anak Usia Dini
Media Thematic Picture Books as Support for Learning German Vocabulary for Early Childhood
Peneliti melakukan riset dengan mengunjungi salah satu TK yang ada di Malang, uniknya Taman Kanak-Kanak ini mengajarkan bahasa Jerman sebagai salah satu bahasa asingnya berdampingan dengan bahasa inggris. Peneliti tentu ingin tahu tentang apa saja yang diajarkan disini mulai dari metode hingga materi pembelajarannya. Setelah dilakukan penelitian, diketahui bahwa kendala dalam pembelajaran bahasa Jerman adalah media pembelajaran yang terbatas. Karena tidak ada buku yang khusus memuat materi untuk pembelajaran bahasa Jerman bagi anak usia dini.
Berdasarkan permasalahan itu, peneliti lalu membuat suatu media pembelajaran berupa kamus bergambar. Media ini mencakup materi-materi yang ringan untuk diajarkan kepada anak-anak. Berisi materi angka, warna, diri sendiri, keluarga, transportasi serta hewan. Diharapkan dengan menggunakan buku ini bermanfaat bagi guru untuk mempermudah proses pengajaran. Serta bermanfaat bagi murid agar mereka semakin tertarik dan menjadi mudah dalam belajar bahasa Jerman.
Dalam proses pembuatan buku ini, peneliti menggunakan dasar teori penelitian pengembangan. Sedangkan untuk penilaian media, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan hasil dari validasi materi dan media
Setelah melalui proses validasi media, diketahui bahwa media buku bergambar layak untuk digunakan sebagai media penunjang pembelajaran bahasa Jerman bagi anak usia dini. Dilihat dari hasil validasi yang diberikan oleh para validator dengan presentase 85% sehingga menunjukkan kriteria “Sangat Kuat”.
Kata kunci : Buku bergambar, pembelajaran bahasa Jerman, anak usia dini
The researchers had done a field-visit to one of the kindergartens in Malang. Uniquely, this kindergarten teaches German as one of the foreign languages alongside English. The researcher wanted to know about what they taught here, from the methods to the medium. The research reveals that limited learning material is an obstacle. Caused by the lack of books containing material for learning German for children.
Based on that problem, The researcher made a pictorial book as a learning medium. This medium provided easy-to-learn methods for children to learn. The book contains alphabets, numbers, colors, body parts, family, transportations, and animals. With this book, it is expected to be a helpful resource for teachers. And easier for students, so they will become more interested in learning German.
In the making of this book, the researcher deployed basic development research theory. As for the media assessment, the researcher used a qualitative method from the results of the material and media validation.
The media validation process reveals that the pictorial book media is suitable as a supplement for children to learn German. And this research received a validation score of 85%, indicating significance with a "Very Strong" criteria.