Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran mandiri (self-directed learning), peningkatan hasil belajar siswa, dan respon siswa dari hasil penerapan model pembelajaran mandiri pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Pre-experimental. Penelitian ini menggunakan satu kelas perlakukan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest and Posttest Design. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil analisis penelitian meliputi: 1) keterlaksanaan pembelajaran; 2) peningkatan hasil belajar; 3) respon siswa. Hasil keterlaksanaan pembelajaran memperoleh modus skor 3 termasuk kategori baik. Peningkatan hasil belajar dari analisis diperoleh data berdistribusi normal, hasil Uji t berpasangan menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan nilai sig sebesar 0,000 dan N-gain sebesar 0,5. Respon siswa memiliki respon yang positif dengan rata-rata presentase sebesar 88,75 % dengan kategori sangat baik. Hasil penerapan diperoleh simpulan bahwa model pembelajaran mandiri pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Model pembelajaran mandiri (Self-Directed Learning), peningkatan hasil belajar.
This study aims to determine the feasibility of the self-directed learning model, the improvement of students' learning outcomes, and students' responses toward the results of the application of independent learning modelsin the interaction of living things with the environment material. The type of research that used in this study is Pre-experimental. This research uses one treatment class of treatment. The research design is One Group Pretest and Posttest Design. Techniques for collecting data by observation and questionnaire. The data analysis technique uses quantitative descriptive techniques. The results of the research analysis include:: 1) the implementation of learning; 2) the improvement learning outcomes; 3) the students' responses. The results of the implementation of learning obtain a score mode 3 including good categories. Increased learning outcomes from the analysis obtained data with normal distribution, the results of paired t-test showed a significant difference with a sig value of 0,000. Then N-gain is 0.5. Students' responses have a positive response with an average percentage of 88.75% with a very good category. The results of the application obtained conclusions that the independent learning model in the interaction of living things with the environment material can improve students' learning outcomes
Keywords: Self-Directed Learning model, improvement of learning outcomes.