ABSTRAK
PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP CUSTOMER RETENTION PADA BMT UGT SIDOGIRI CABANG TANAH MERAH BANGKALAN
Nama : Regina Dani Suhanda
NIM : 15081194006
Program Studi : S-1 Ekonomi Islam
Jurusan : Ilmu Ekonomi
Fakultas : Ekonomi
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. A'rasy Fahrullah, S.Sos, M.Si
Penelitian Ini bertujuan untuk menguji pengaruh etika bisnis islam yakni kesatuan (unity/tauhid), keseimbangan (equilibrium), kehendak bebas (free will), tanggung jawab (responbility), dan kebenaran terhadap customer retention pada BMT UGT Sidogiri Cabang Tanah Merah Bangkalan. Penelitian ini dilkukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Jumlah sampel penelitian ini adalah berjumlah 98 responden yang berasal dari anggota aktif 2018 – 2019 dan mengunakan teknik accidental sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang di ukur menggunakan skala likert dan dianalisis menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara menyeluruh indikator pada etika bisnis islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer retention. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa variabel etika bisnis islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer retention pada BMT UGT Sidogiri Cabang Tanah Merah Bangkalan. Adapun hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa variable etika bisnis islam memiliki pengaruh sebesar 33,2% terhadap variabel customer retention.
Kata Kunci: Baitul Maal Wat Tamwil, Etika Bisnis Islam,
Customer Retention
ABSTRACT
THE INFLUENCES OF ISLAMIC BUSINESS ETHICS ON CUSTOMER RETENTION IN BMT SIDOGIRI UGT SIDOGIRI BRANCH TANAH MERAH BANGKALAN
Student Number : 15081194006
Department : S-1 Islamic Economics
Major : Economics
Faculty : Economics
Institution : Universitas Negeri Surabaya
Advisor : Dr. Arasy Fahrullah, S.Sos, M.Si
This aim of this research is to test he effect of Islamic business ethics which is unity/tauhid, equilibrium, free will, responbility, and truth towards customer retention of BMT UGT Sidogiri Cabang Tanah Merah Bangkalan. This research was conducted with an associative quantitative approach. Number of samples that used in this rsearch is 98 respondents which came from active members 2018 – 2019 period an used accidental sampling technique. This research used a questionnaire that calculates with a likert scale and analyzed with SPSS 20. The result of this research shows that overall business ethic variable has a positive effect and significant to customer retention of BMT UGT Sidogiri Cabang Tanah Merah Bangkalan. As for based on the coefficient of determination test’s result, shows that business ethic variable have a big impact as big as 33,2 % against loyalty of customer retention variable.
Keyword: Baitull Maal Wat Tamwil, Business Ethic, Customer Retention