Kemampuan individu untuk bertahan hidup di era global merupakan suatu kebutuhan dasar. Dalam mewujudkan kemampuan tersebut manusia sejak berada pada pendidikan dasar telah di didik untuk menyelesaikan soal cerita. Yaitu masalah kehidupan sehari-hari yang diangkat berdasarkan materi pelajaran yang dibahas. Dalam bahasan matematika, salah satu materi yang perlu dikuasai siswa adalah pecahan. Namun fakta lapangan menunjukkan siswa lemah dalam menyelesaikan soal cerita termasuk soal cerita pecahan. Olehkarenanya peneliti berusaha mengkaji apakah model the power of two memiliki pengaruh untuk mewujudkan harapan agar membantu siswa menyelesaikan soal cerita pecahan baik dari segi kognitif maupun psikomotor, serta besar efektivitas dari model tersebut.
Penelitian yang dilakukan menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar, nilai psikomotor, observasi, dan angket. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah pretest-posttest, lembar penilaian LKPD, lembar angket dan lembar observasi. Setelah data terkumpul, kemudian akan dilakukan teknik analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis untuk nilai pretest-posttest. Sedangkan untuk data lembar penilaian LKPD dianalisis dengan membandingkan nilai yang didapat siswa dengan hasil observasi. Terakhir untuk lembar angket dan observasi dianalisis dengan mengkaji hasil dengan teori yang relevan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model The Power Of Two memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan kognitif dan psikomotor siswa. Dimana dari segi kognitif diperoleh hasil sinifikansi hitung uji t menggunakan SPSS 16 sebesar 0,39 dan o,40. Nilai 0,39 dan 0,40 lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa model The Power Of Two memberikan perbedaan yang signifikan terhadap kelas ekperimen dan model The Power Of Two memberikan pengaruh yang berarti. Sedangkan pada segi psikomotor, hasil kegiatan pembelajaran dan LKPD dan observasi menunjukkan keaktifan, semangat belajar serta peningkatan nilai belajar yang lebih tinggi dibanding dengan model pembelajaraan langsung. Selain itu, model The Power Of Two terbukti secara efektif digunakan dalam pembelajaran yakni dengan hasil efektivitas sebesar 75%.
An individual's ability to survive in the global era is a basic need. In realizing these capabilities human beings since being in elementary education have been educated to solve story problems. That is the problem of everyday life that is raised based on the subject matter discussed. In the discussion of mathematics, one of the material that students need to master is fraction. But the facts show that students are weak in solving story problems, including fractions. Therefore the researchers tried to examine whether the power of two model has the effect to realize expectations in order to help students solve fraction story problems both in terms of cognitive and psychomotor, as well as the effectiveness of the model.
Research conducted using data collection techniques in the form of learning outcomes tests, psychomotor values, observations, and questionnaires. While the instruments used were pretest-posttest, LKPD assessment sheet, questionnaire sheet and observation sheet. After the data is collected, then the data analysis technique will be carried out including the validity test, reliability test, homogeneity test, and hypothesis testing for the pretest-posttest value. Whereas the LKPD assessment sheet data was analyzed by comparing the scores obtained by students with the results of observations. Finally for questionnaire sheets and observations analyzed by examining the results with relevant theories.
The results showed that the model of The Power Of Two had a positive influence on students' cognitive and psychomotor abilities. Where in terms of cognitive results obtained a synergy of t test using SPSS 16 of 0.39 and o, 40. Values of 0.39 and 0.40 are smaller than 0.05 so it can be concluded that the model of The Power Of Two gives a significant difference to the experimental class and the Power of Two model has a significant effect. Whereas in psychomotor terms, the results of learning activities and LKPD and observations show activity, enthusiasm for learning and increased learning value higher than the direct learning model. In addition, the Power of Two model is proven to be effectively used in learning, with the effectiveness of 75%.