KONTRIBUSI METODE TANDUR DALAM MENSTIMULASI KEMAMPUAN BAHASA ANAK
THE CONTRIBUTION OF THE TANDUR METHODS IN STIMULATING CHILDREN LANGUAGE SKILLS
Hasil studi pendahuluan yang dilakukan ditemukan kemampuan bahasa anak masih rendah, permasalahan tersebut muncul dikarenakan metode pembelajaran yang diberikan terlalu monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demontrasi, Ulangi, dan Rayakan) dalam menstimulasi kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan expost facto. Subjek pada penelitian ini sebanyak 30 responden yaitu guru TK. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil perhitungan, penelitian ini menemukan bahwa metode TANDUR berkontribusi positif terhadap kemampuan bahasa, terutama pada kemampuan menyimak anak dalam pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh metode TANDUR terhadap kemampuan bahasa anak, dimana adanya penambahan nilai dari kemampuan bahasa anak yang meningkat disetiap satupersen metode TANDUR yang diterapkan. Penelitian ini memberikan implikasi terhadap guru dalam menstimulasi kemampuan bahasa anak, terlebih pada kemampuan menyimak anak dalam kegiatan pembelajaran. Dengan demikian kemampuan menyimak anak dapat maksimal, anak dapat berkonsentrasi lebih lama dari sebelumnya, dan perkembangan bahasa anak lebih baik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien.
Kata Kunci: kemampuan bahasa, metode TANDUR
The results of the recent study conducted found that children's language skills were still lower. This problem emerged because the learning method given was too tedious. This study aims to determine the effect of the TANDUR (Grow, Natural, Name, Demonstrate, Repeat, and Celebrate) method in stimulating the language skills of children aged 5-6 years. This research uses quantitative research with an expost facto design. The subjects in this study were 30 respondents, specifically kindergarten teachers. The data collection technique in this study uses a simple linear regression analysis. Based on the calculations' results, this study found that the TANDUR method has a positive enrichment to language skills, especially children's listening skills in learning. It shows the TANDUR method's effect on children's language skills, where the added value of children's language skills enhances every one percent of the TANDUR method implemented. This study has suggestions for teachers in stimulating children's language skills, especially on children's listening skills in learning activities. Therefore, the children's listening ability can be maximized, children can concentrate longer than before, and children's language improvement is better so that learning objectives can be achieved effectively and efficiently.
Keywords:language skills, TANDUR method