Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan struktur naratif pafa film Dilan 1990 Karya Fajar Bustomi serta proses ekranisasi yang terjadi pada novel Dilan 1990 karya Pidi Baiq ke dalam film Dilan 1990 karya Fajar Bustomi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan objektif karena penelitian ini lebih menitikberatkan pada teks sastra sebagai objek dan fokus penelitian. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode kepustakaan dan simak catat. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif dan metode hermeneutika terhadap data yang memiliki langkah, yaitu (1) mencermati, (2) membaca heuristik dan hermeneutik, (3) menafsirkan data, dan (4) menyajikan laporan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa film Dilan 1990 terdapat struktur naratif yang terdiri atas 87 kernels dan satellite. Kernels berupa adegan inti yang tidak dapat dihilangkan, jika dihilangkan dapat merusak substansi film. Satellite adalah unsur pembangun alur dan peristiwa, untuk menemukan struktur pada film. Ekranisasi yang terjadi pada film Dilan 1990, terdapat 7 latar yang diciutkan, dan 19 peristiwa yang mengalami penciutan. Penciutan dapat terjadi karena durasi film yang dibatasi dan menyebabkan dikuranginya bagian-bagian yang dianggap tidak penting yang jika dihilangkan tidak merusak substansi film. Terdapat tiga penambahan yang terjadi pada proses ekranisasi novel Dilan 1990, penambahan dapat terjadi saat bagian tertentu perlu ditambahkan dengan adegan lain yang masih berhubungan dengan cerita dan adegan tersebut tidak merusak unsur cerita sebelumnya. Perubahan variasi, terjadi dua perubahan variasi pada penokohan dan tiga perubahan variasi pada peristiwa. Perubahan variasi dapat terjadi karena adegan atau bagian sebelum terjadinya proses perubahan oleh sutradara atau penulis naskah dianggap perlu untuk mengalami proses perubahan variasi yang telah dipertimbangkan sebelumnya, agar tidak merusak substansi film.
This study aims to describe the narrative structure of the movie Dilan 1990 The work of Fajar Bustomi and the process of ekranisasi that occurred in the Dilan 1990 novel by Pidi Baiq in the movie Dilan 1990 by Fajar Bustomi. This research is a qualitative research with an objective approach because this research focuses more on literary text as an object and focus of research. The data collecting method in this research is the library research and taking notes method. The data analysis method is descriptive and hermeneutic method with some several steps taken towards the data, namely (1) observing, (2) heuristical and hermeneutical reading, (3) interpreting data, and (4) providing a research result report. The results of this research shows that there is a narrative structure in Dilan 1990’s movie that consist of 87 kernels and satellite. Kernels are a core scene that cannot be eliminated from the storyline because it can ruin the movie essence if done. Satellites is element of storyline and story event to find the structure of a movie. The ecranisations occur in Dilan 1990’s movie is 7 narrowed backgrounds and 19 events reduction. These reductions process can occur because of the movie duration limit, which leads to the removal of the considered unimportant parts that are not going to ruin the movie substance if removed. There is 3 additions process that occurs in the Dilan 1990’s novel ecranisation process, addition happens when there is a need to add another scene in some part that still relates to the story, and that scene is not going to ruin the element of the previous story. As for changing variation, there are 2 changes for characterizations and 3 for the events. Changing variation process occurs when there is a need for a scene or parts before the process of change by the director or scriptwriter to undergo a change of variety process, that already considered beforehand as not to damage the movie substance.