Abstrak
Keterampilan berbicara merupakan salah satu dari empat keterampilan yang harus dikuasai dalam pembelajaran bahasa Jerman. Demi mencapai suatu tujuan pembelajaran guru harus dapat mengatur lingkungan belajar yang ada. Salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran yang dimaksud ialah media Jeopardy Game. Media Jeopardy Game dipilih karena bersifat interaktif sehingga mampu mengembangkan kreativitas siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah media Jeopardy Game dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XI IPS SMAN 1 Mojosari. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XI IPS SMAN 1 Mojosari dengan menggunakan media Jeopardy Game. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang diuraikan secara deskriptif. Data penelitian ini berupa data hasil dari langkah-langkah penerapan media Jeopardy Game yang diperoleh dari lembar observasi dan hasil angket.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Jeopardy Game dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XI IPS SMAN 1 Mojosari. Media Jeopardy Game membuat siswa antusias mengikuti kegiatan pembelajaran bahasa Jerman dan berpartisipasi aktif dalam melakukan kuis sehingga menimbulkan keberanian siswa untuk berbicara bahasa Jerman. Hal ini dapat di buktikan dari hasil lembar observasi bahwa pertemuan ketiga lebih baik dari pertemuan kedua. Dari angket respon siswa, pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman dengan menggunakan media Jeopardy Game mendapatkan hasil dengan kategori baik.
Kata kunci: Keterampilan berbicara, media pembelajaran, Jeopardy Game
Abstract
Speaking skills are one of the four skills that must be mastered in learning German. In order to achieve a learning goal the teacher must be able to manage the existing learning environment. One of them is by using learning media. The learning media in question is the Jeopardy Game media. The Jeopardy Game media was chosen because it is interactive so that it can develop students' creativity. The formulation of the problem in this study is whether the Jeopardy Game media can be applied in learning German speaking skills in class XI IPS students at SMAN 1 Mojosari. The purpose of this study is to describe the learning process of German speaking skills of XI IPS class students at SMAN 1 Mojosari using the Jeopardy Game media. This type of research is qualitative research described descriptively. The research data is in the form of results data from the steps of implementing the Jeopardy Game media obtained from the observation sheet and the results of the questionnaire.
The results of this study indicate that the Jeopardy Game media can be applied in learning German speaking skills in class XI IPS students at SMAN 1 Mojosari. The Jeopardy Game media makes students enthusiastic in participating in German language learning activities and actively participates in quizzes, giving rise to the courage of students to speak German. This can be proven from the results of the observation sheet that the third meeting is better than the second meeting. From the student response questionnaire, learning German speaking skills using the Jeopardy Game media got good results.
Keywords: Speaking skills, learning media, Jeopardy Game