THE EFFECT OF MASTERY PREREQUISITE COURSES ON LEARNING OUTCOMES OF ACCOUNTING COMPUTER COURSES 2
Mahasiswa sering tidak menyadari pentingnya penguasaan mata kuliah prasyarat, sehingga mengalami kesulitan dalam menguasai mata kuliah lanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah prasyarat terhadap hasil belajar mata kuliah Komputer Akuntansi 2. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Sampel diambil sebanyak 80 mahasiswa dari populasi sebanyak 300 mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: mata kuliah pengantar akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap mata kuliah komputer akuntansi 1 dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05, mata kuliah komputer akuntansi 1 berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar mata kuliah komputer akuntansi 2 dengan nilai signifikasi 0,001 < 0,05, serta mata kuliah pengantar akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar mata kuliah komputer akuntansi 2 dengan nilai signifikasi 0,010 < 0,05.
Kata kunci: hasil belajar, komputer akuntansi, mata kuliah prasyarat
Students often do not realize the importance of mastering prerequisite courses, so that it has difficulity in mastering advanced courses. This study aims to determine the effect of mastery prerequisite courses on learning outcomes of accounting computer courses 2. This type of research is quatitative research. The sample was taken as many as 80 students from a population of 300 students Accounting Education State University of Surabaya obtained through purposive sampling technique. Data collection techniques in this study using the documentation method.Hypothesis testing in this study uses simple regression analysis techniques. The results showed that: the introductory accounting course had a positive and significant effect on accounting 1 computer courses with a significance value of 0,000 < 0.05, computer accounting courses 1 have a positive and significant effect on learning outcomes in accounting computer courses 2 with a significance value of 0.001 < 0.05, and introduction to accounting courses has a positive and significant effect on learning outcomes in accounting computer courses 2 with a significance value of 0.010 < 0.05.
Keywords: learning outcomes, accounting computer, prerequisite courses