TPACK Guru Bahasa Ingris: Pengambilan Keputusan Penggunaan Telegram dalam Pengajaran Bahasa Inggris
English Teacher’s TPACK: Decision Making on using Telegram in English Teaching Activities.
Ada banyak sumber daya teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang dapat mendukung pembelajaran bahasa Inggris tetapi sebagian besar belum dimanfaatkan di dalam kelas, dan beberapa guru memiliki masalah dalam menggunakan teknologi tersebut di kelas mereka. Kerangka TPACK memberikan wawasan bagi guru bahasa Inggris untuk mengoptimalkan tiga aspek pendidikan: teknologi, pedagogi, dan pengetahuan konten. Disertasi ini mengulas implementasi TPACK di Indonesia, khususnya di ELT. Pengetahuan dan keterampilan Teknologi (T), Pedagogi (P), dan Konten (C) harus dimiliki dan dikuasai oleh guru bahasa Inggris jika mereka berencana untuk menggabungkan sumber daya TIK dan menggunakannya relevan dengan kondisi di Indonesia
Pergeseran dalam pengajaran dari tradisional ke pendekatan berbasis online telah menyebabkan perubahan dari pedagogical ke teknologi pedagogical content knowledge (TPACK). Kajian terkait TPACK dalam pengambilan keputusan sangat penting untuk kegiatan pengajaran bahasa Inggris. Dengan demikian, studi kasus ini bertujuan untuk mengamati dan berteori tentang penerapan TPACK oleh seorang guru Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL) yang bermigrasi dari platform pembelajaran online instan dan komersial ke aplikasi Telegram yang dirancang sendiri untuk tujuan pengajaran. Kemudian dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan TPACK guru bahasa Inggris dalam mengambil keputusan tentang kegiatan mengajar, dimana guru menggunakan Telegram sebagai alat (media) dalam proses belajar mengajar. Kegiatan berpikir yang dilakukan guru terkait dengan kegiatan mengajar dapat dilihat pada tahapan pra-aktif, interaktif, dan pasca-aktif. Proses pengambilan keputusan merupakan bentuk pemikiran guru, terlihat pada kegiatan mengajar guru saat mengimplementasikan Telegram.
Subjek adalah seorang guru bahasa Inggris dari salah satu SMK Negeri di Malang, Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan mengikuti kelas selama satu semester dan melalui wawancara mendalam berdasarkan teori TPACK. Analisis tematik dengan pendekatan induktif diterapkan secara simultan pada kerangka TPACK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan teknologi, pedagogis, dan konten dari Telegram mengalami pergeseran, penerapan, representasi, dan pemodelan. Empat kesamaan teori TPACK terutama mewakili keberhasilan implementasi aplikasi pengajaran buatan guru menggunakan Telegram.
There are many information and communication technology (ICT) resources that can support English learning but most of them have not been utilized in classrooms, and some teachers have problems employing the technology in their classrooms. The TPACK framework provides insight for English teachers to optimize three aspects for education: technology, pedagogy, and content knowledge. This Dissertation reviews the implementation of the TPACK in Indonesia, especially in ELT. The knowledge and skills of Technology (T), Pedagogy (P), and Content (C) should be possessed and mastered by EFL teachers if they plan to incorporate ICT resources and use them relevant to the conditions in Indonesia
The shift in teaching instruction from traditional to online-based approaches has led to the change from pedagogical to technological pedagogical content knowledge (TPACK). A study related to TPACK in decisions making is essential for teaching English activities. Thus, this case study aims to observe and theorize the implementation of TPACK by an English as a Foreign Language (EFL) teacher who migrated from instant and commercial online learning platforms to a self-designed Telegram application for teaching purposes. Then in this study is to describe the English teacher TPACK in making decisions about teaching activities, where the teacher uses Telegram as a tool (media) in teaching and learning process. Thinking activities carried out by teacher related to teaching activities can be seen in the stages of pre-active, interactive, and post-active. The decision-making process is a form of teacher thinking, seen in teacher teaching activities when implementing Telegram.
The subject was an English teacher from one of the outstanding vocational high schools in Malang, Indonesia. Data were collected through observation by participating in a class for one semester and through in-depth interviews based on TPACK theory. Thematic analysis using an inductive approach was simultaneously applied to the TPACK framework. The results indicated that the technological, pedagogical, and content knowledge from the Telegram were shifting, applying, representing, and modeling. The four commonalities of TPACK theory mainly represent the successful implementation of teacher-made teaching applications using the Telegram.