Bahasa Persuasi Pada Iklan Karya Siswa Kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo
Persuasive Language in Advertisements by Eighth-Grade Students at Muhammadiyah 2 Junior High School Taman Sidoarjo
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan berbahasa siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo dalam membuat iklan yang menarik dan kreatif. Bahasa yang digunakan pada iklan karya siswa tersebut memiliki keunikannya sendiri sehingga cukup berbeda dengan iklan-iklan profesional pada umumnya. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan strategi persuasi, gaya bahasa persuasi, dan bentuk bahasa yang digunakan pada iklan karya siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni dokumentasi, teknik baca, dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan dimulai dengan reduksi data, kemudian penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa strategi persuasi yang banyak digunakan pada iklan karya siswa kelas VIII-B adalah strategi sugesti. Selain itu, juga ditemukan penggunaan strategi rasionalisasi dan kompensasi. Gaya bahasa yang banyak digunakan pada iklan tersebut adalah gaya bahasa hiperbol. Selain itu, juga ditemukan penggunaan gaya bahasa aliterasi, asonansi, dan asindeton. Selanjutnya, bentuk bahasa yang banyak digunakan pada iklan karya siswa tersebut adalah kalimat tunggal. Dua bentuk bahasa lain yang juga digunakan berupa frasa dan kalimat majemuk setara. Temuan dari penelitian ini membuktikan bahwa siswa mampu mengaplikasikan bahasa persuasi dalam iklan dengan tingkat efektivitas dan kreatifitas yang bervariasi. Dengan demikian, hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai dasar dalam penyusunan kurikulum yang lebih responsif terhadap kebutuhan komunikasi siswa di era digital.
Kata Kunci: bahasa persuasi, iklan, strategi
This research is motivated by the language skills of eighth-grade students at Muhammadiyah 2 Junior High School Taman Sidoarjo in creating engaging and creative advertisements. The language utilized in the student’s advertisements possesses distinct characteristics, differentiating it significantly from professional advertisements. Based on this, this research aims to analyze and describe the persuasion strategies, persuasive language styles, and linguistic forms used in student-created advertisements. This research uses a qualitative descriptive approach. The resecarh collected data through documentation, reading and note-taking techniques. Data analysis involved stes of data reduction, data presentation, and drawing conclusion. The results indicate that the predominant persuasion strategy used in the advertisements by the eight-grade students is the suggestion strategy. Additionally, rationalization and compensation strategies were also identified. The prevalent language style in these advertisements is hyperbole. Moreover, alliteration, assonance, and asyndeton are also present. Regarding linguistic forms, the research found that single sentences are most commonly used in the student’s advertisements. Phrases and equivalent compound sentences are frequently used. These findings demonstrate that students are able of appliying persuasive language in advertisements with varying levels of effectiveness and creativity. Thus, the results of this research are expected to serve as a basis for developing a curriculum that iss more responsive to student’s communication needs in the digital era.
Keyword: persuasive language, advertisement, strategy