Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran simulasi dengan model pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament agar siswa mampu belajar secara mandiri mengenai materi perakitan komputer serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa. rumusan masalah dari penelitian ini adalah : (1) Bagaimana kelayakan media pembelajaran simulasi yang diterapkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament 2) Bagaimana respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran simulasi dengan model pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament?. (3) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan media?. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development atau R&D. Sasaran penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 1 Arosbaya Bangkalan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket validasi, angket respon, dan tes. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji t dengan prasyarat melakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persentase perhitungan validasi media oleh validator ahli adalah 86,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran simulasi model pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament termasuk dalam kategori ‘Sangat Baik’ dan layak untuk digunakan. (2) Respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran simulasi dengan model pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament menunjukkan hasil yang sangat baik dengan jumlah persentase sebesar 83,44%. (3) Berdasarkan rata-rata hasil belajar siswa diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel yaitu, 13,443>2,045 yang berarti hasil belajar siswa ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan media.
This research is conducted to develop simulation learning media with cooperative learning models of teams game tournaments so that students are able to learn independently about computer assembly material and to improve students’ learning outcomes. The research problem of this study are: (1) How is the feasibility of simulation learning media applied to the cooperative game team game tournament model 2) How do students respond after using the simulation learning media with the cooperative game team cooperative learning model ?. (3) Are there differences in student learning outcomes before and after using media?. The research method used is Research and Development or R&D. The research objectives in this study are students of class X Computer and Network Engineering at SMK Negeri 1 Arosbaya Bangkalan. Data collection techniques used are validation, questionnaires, and tests. Then the data were analyzed using a t test with prerequisites for conducting normality tests and homogeneity tests. The results showed that: (1) The percentage of calculation of media validation by expert validators was 86.5%. Thus, it can be concluded that the learning media of cooperative team model tournament using cooperative learning model is included in the 'Very Good' category and it is suitable to use. (2) The students' responses after using the simulation learning media with the cooperative game model of the team game tournament model showed very good results with a percentage of 83.44%. (3) Based on the average student learning outcomes obtained t count is greater than t table.That is 13.443> 2.045, which means student learning that there are differences in student learning outcomes before and after using media.