Pengaruh Pola Asuh dan Efikasi Diri Terhadap Aktivitas Fisik Siswa Sekolah Dasar
The Influence of Parenting Styles and Self-Efficacy on Primary School Students' Physical Activity.
ABSTRAK
Samsudin 2020. Pengaruh Pola Asuh dan Efikasi Diri Terhadap Aktivitas Fisik Siswa Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi Pendidikan Olahraga, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ali Maksum dan (II) Dr. Anung Priambodo, M.Psi. T
Kata-kata kunci : Pola Asuh, Efikasi Diri, Aktivitas Fisik
Pola asuh merupakan proses interaksi antara orang tua dan anak dalam mendidik, membimbing, dan mengarahkan guna perkembangan kepribadian anak. Pola asuh memberikan peranan penting dalam pembentukan efikasi diri anak untuk berprilaku mandiri dan selalu berusaha dalam menghadapi setiap kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh dan efikasi diri terhadap aktivitas fisik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Islam Raden Paku Surabaya sebanyak 70 siswa yang terdiri dari 40 siswa laki-laki dan 30 siswa perempuan. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan dianalisis menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh dan efikasi diri secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap aktivitas fisik siswa SD kelas VI, dengan nilai F sebesar 3.765 pada signifikansi 0,005. Pola asuh authoritarian berpengaruh signifikan terhadap aktivitas fisik siswa dengan nilai beta sebesar 0,259 pada signifikansi 0,027, sementara tiga pola asuh yang lain yaitu authoritative, permissive dan uninvolved tidak berpengaruh secara signifikan. Efikasi diri berpengaruh secara signifikan terhadap aktivitas fisik siswa dengan nilai beta sebesar 0,458 pada signifikansi 0,001.
ABSTRACT
Samsudin 2020. The Influence of Parenting Styles and Self-Efficacy on Primary School Students' Physical Activity. Thesis, Sport Education Program, School of Postgraduate, State University of Surabaya. Advisers (I) Prof. Dr. Ali Maksum dan (II) Dr. Anung Priambodo, M.Psi. T
Keywords: Parenting style, self-efficacy, physical activity
Parenting style is a process of interaction between parents and children in educating, guiding, and directing the child's personality development. Parenting plays an important role in shaping children's self-efficacy to behave independently and always trying to face every difficulty. This study aims to determine the effect of parenting and self-efficacy on physical activity. The subjects of this study were 70 students of class VI Raden Paku Islamic Elementary School Surabaya, consisting of 40 male students and 30 female students. Data were collected using a questionnaire and analyzed using multiple regression. The results showed that the parenting style and self-efficacy together had a significant effect on the physical activity of the VI grade elementary school students, with an F value of 3,765 at a significance of 0.005. Authoritarian parenting has a significant effect on students' physical activity with a beta value of 0.259 at a significance of 0.027, while the other three parenting styles that is authoritative, permissive and uninvolved have no significant effect. Self-efficacy has a significant effect on students' physical activity with a beta value of 0.458 at a significance of 0.001.