Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: (1) Program pembinaan estetika siswa melalui aktivitas kurikuler dan ekstrakulikuler di SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung; (2) Implementasi pembinaan estetika melalui pembelajaran seni karawitan di SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung; (3) Nilai yang didapatkan peserta didik dalam pembelajaran keterampilan di SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung
Pendidikan karakter merupakan upaya nyata yang dilakukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik salah satunya adalah melalui pembelajaran seni karawitan yang meliputi aspek logika, etika, estetika dan praktika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru seni karawitan, dan peserta didik. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi dengan peneliti sebagai human instrument. Analisis data menggunakan kondensasi, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, program pembinaan estetika siswa melalui aktivitas kurikuler dan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Kauman melalui berbagai program, yaitu pembelajaran seni karawitan dan kegiatan ekstrakurikuler. Program pembinaan karakter estetika peserta didik melalui ekstrakurikuler membatik dan reog kendang. SMA Negeri 1 Kauman sebagai lembaga pendidikan formal mengharapkan dapat membentuk moralitas yang baik dan juga menumbuhkah sikap estetika kepada peserta didiknya. Kedua, implementasi pembelajaran karawitan di SMA Negeri 1 Kauman yang selama ini sudah diajarkan yaitu pembelajaran tentang musik gamelan terutama lancaran gugur gunung. Pendidikan seni memiliki peranan dalam pembentukan pribadi siswa yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan dan perkembangan peserta didik untuk mencapai kecerdasan, kreativitas, emosional, intelektual, dan spiritual.
Kata Kunci : Pembinaan, Pendidikan Karakter, Estetika, Seni Karawitan
The purpose of this study was to find out and analyze: (1) the aesthetic development program of students through curricular and extracurricular activities at Senior High School 1 Kauman; (2) Implementation of aesthetic guidance through learning musical arts in Senior High School 1 Kauman; (3) The value obtained by students in learning skills at Senior High School 1 Kauman. Character education is a real effort made to develop students abilities, one of which is through musical arts learning which includes aspects of logic, ethics, aesthetics and practice. This research is a descriptive study with a qualitative approach. The research subjects were principals, deputy headmasters of student fields, deputy headmasters in the curriculum, karawitan arts teachers, and students. Data collection uses interviews, observation, and documentation studies with researchers as human instruments. Data analysis uses condensation, data presentation, and data verification.
The results showed that; first, an aesthetic coaching program through curricular and extracurricular activities at Senior High School 1 Kauman through various programs, namely musical arts learning and extracurricular activities. The aesthetic character development program of students through extracurricular batik and reog drums. Senior High School 1 Kauman as a formal education institution hopes to form good morality and also develop aesthetic attitude to its students. Second, the implementation of musical learning in Senior High School 1 Kauman which has been taught so far is learning about gamelan music, especially the fall mountain. Art education has a role in forming harmonious student personalities by paying attention to the needs and development of students to achieve intelligence, creativity, emotional, intellectual, and spiritual.
Keywords: Coaching, Character Education, Aesthetics, Karawitan Art