ABSTRAK
Moch. Yusroni. 2019. Pengaruh Permainan Lompat Tali Individu dan Kelompok Terhadap Kebugaran Jasmani dan Motivasi Siswa. Tesis Program Studi Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing I Dr. Abdul Rachman S. T M. Pd dan II Dr. Amrozi Khamidi M. Pd.
Kata-kata Kunci Lompat Tali Individu Lompat Tali Kelompok Kebugaran Jasmani Motivasi Siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh permainan lompat tali secara individu dan lompat tali secara berkelompok terhadap kebugaran jasmani dan motivasi siswa pada siswa ekstrakurikuler futsal MTs. NU Berbek Waru Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu quasy experiment dan desain yang digunakan yaitu menggunakan matching-only design. Subjek penelitian ini berjumlah 33 siswa yang akan dilakukan pretest untuk menentukan pembagian kelompok. 11 siswa sebagai kelompok eksperimen I yang diberi perlakuan permainan lompat tali secara individu dan 11 siswa berikutnya sebagai kelompok eksperimen II yang diberi perlakuan permainan lompat tali secara kelompok dan 11 siswa sisanya dijadikan sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua instrumen penelitian yaitu tes TKJI untuk mengukur nilai kebugaran jasmani dan tes angket motivasi untuk mengukur tingkat motivasi siswa. Data dianalisis dengan statistik deskriptif menggunakan program SPSS 22.0. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang lebih signifikan pada kedua kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kebugaran jasmani pada ketiga kelompok mengalami peningkatan yaitu sebesar 6 pada kelompok I 9 pada kelompok II dan 2 pada kelompok III. Motivasi siswa mengalami peningkatan pada kelompok I sebesar 7 dan kelompok II mengalami peningkatan sebesar 3 sedangkan pada kelompok III motivasi siswa mengalami penurunan sebesar 1 . Hasil penelitian tersebut telah membuktikan bahwa permainan lompat tali secara individu dan permainan lompat tali secara kelompok dapat meningkatkan tingkat kebugaran jasmani dan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal.
ABSTRACT
Moch. Yusroni. 2019. The Effect of Individual Jump Rope Games and Group Jump Rope on Physical Fitnes and Student Motivation. Thesis Sports Education Study Program Postgraduate Program Surabaya State University. Advisor I Dr. Abdul Rachman S. T M. Pd. and II Dr. Amrozi Khamidi M. Pd.
Key Words Individual Jump Rope Group Jump Rope Physical Fitnes Student Motivation.
This study aims to examine the effect of indifdual jump rope games and grouop jump rope on physical fitness and student motivation on futsal extracurricular students in MTs NU Berbek Waru Sidoarjo. This Study uses a quantitative approach to quasy expereriment research and the design ued is matching only design. The subjects of this study were 33 students who will be pretested to determine the division of groups. 11 students as the experimental group I were given the treatment of jump rope games individually and thefollowing 11 students as the experimental group II were reated as a group of jump rope games and the remeaning 11 studentswere made as a control group. Data collection methods in this study used two research instruments namely the TKJI test to measure physical fitness scores and the motivation levels. Data werw analyzed with descriptive statistics using the SPSS 22.0 program. Based on the data obtained it can be concluded that there was a more significant increase in the two experimental groups compared to the control group. Physical fitness in all three groups experienced an increase, nmely by 6 in group I 9 in gropu II and 2 in group III Student motivation has increased by 3 while in group III student motivation has descread by 1 . The result of the study have proven that individual jump rope games and jump rope games in groups can improve the level of physicl fitness and motivation of students in following futsal extracurricular.