HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET B DI HOMESCHOOLING PENA SURABAYA
THE RELATIONSHIP BETWEEN FAMILY SUPPORT AND LEARNING MOTIVATION OF PACKAGE B STUDENTS AT HOMESCHOOLING PENA SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara dukungan keluarga dan motivasi belajar peserta didik Paket B di Homeschooling Pena Surabaya. Dukungan keluarga merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa, terutama dalam lingkungan homeschooling yang memerlukan keterlibatan aktif dari orang tua dan anggota keluarga lainnya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi dengan responden penelitian kelas VII, VIII dan IX yang merupakan peserta didik Paket B di Homeschooling Pena Surabaya. Teknik analisis data menggunakan rumus Pearson Product Moment sebagai uji hipotesis dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa terdapat hubungan yang positif atau searah antara variabel dukungan keluarga dan motivasi belajar pada peserta didik paket B di Homeschooling Pena Surabaya dimana ditunjukkan dengan nilai signifikansi antara dukungan keluarga dan motivasi belajar adalah 0,010. Ini berarti nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,010 < 0,05). Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi dukungan yang diberikan oleh keluarga, maka semakin tinggi pula motivasi belajar peserta didik. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya peran keluarga dalam mendukung proses belajar anak, khususnya dalam konteks homeschooling. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pendidikan yang lebih efektif dalam mendukung motivasi belajar peserta didik di Homeschooling Pena Surabaya.
This research aims to examine the relationship between family support and learning motivation of Package B students at Homeschooling Pena Surabaya. Family support is an important factor that can influence student learning motivation, especially in a homeschooling environment which requires active involvement from parents and other family members. This research uses quantitative methods with a correlational approach. Data collection techniques used questionnaires and documentation with research respondents in grades VII, VIII and IX who were Package B students at Homeschooling Pena Surabaya. The data analysis technique uses the Pearson Product Moment formula as a hypothesis test in this research. The results of the research show that there is a positive or unidirectional relationship between the variables of family support and learning motivation in package B students at Homeschooling Pena Surabaya, which is indicated by the significance value between family support and learning motivation is 0.010. This means the significance value is smaller than 0.05 (0.010 < 0.05). These findings show that the higher the support provided by the family, the higher the students' learning motivation. The implication of this research is the important role of the family in supporting children's learning processes, especially in the context of homeschooling. It is hoped that this research can contribute to the development of more effective educational strategies in supporting students' learning motivation at Homeschooling Pena Surabaya.