Perancangan Identitas Visual UMKM Makanan Tradisional Hoky Rasa di Kota Surabaya
Visual Identity Design of Hoky Rasa Traditional Food UMKMs in Surabaya City
Indonesia memiliki keanekaragaman kuliner tradisional yang melimpah yang dapat dimanfaatkan sebagai ladang mencari penghasilan sebagai UMKM. Salah satu UMKM yang memanfaatkan peluang ini ialah Hoky Rasa. Hoky Rasa merupakan usaha yang bergerak di bidang makanan, jajanan dan minuman tradisional. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk merancang identitas visual dari UMKM Hoky Rasa yang belum memadai. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan metode STP sebagai metode analisis data serta design thinking Kelley & Brown sebagai metode perancangannya. Hasil dilaksanakannya penelitian ini adalah Logo, tipografi, warna, supergrafis dan pengaplikasiannya pada corporate identity seperti kartu identitas, seragam dan merchandise, buku nota, buku menu, label stiker, media iklan cetak, dan desain kemasan.
Indonesia has an abundance of traditional culinary diversity that can be utilized as a field for earning income as an UMKM. One of the UMKMs that take advantage of this opportunity is Hoky Rasa. Hoky Rasa is a business engaged in traditional food, snacks and drinks. The purpose of this research is to create a visual identity of Hoky Rasa UMKM that is not yet adequate. The research used a qualitative method with Kelley & Brown's, STP method as a data analysis method and design thinking as the design method. The results of this research are Logo, typography, color, supergraphics and its application to corporate identity such as identity cards, uniforms and merchandise, note books, menu books, sticker labels, print advertising media, and packaging design.