THE CONTRIBUTION OF SUPERVISORS’ WRITTEN FEEDBACK TO THE QUALITY OF UNDERGRADUATE THESIS RESULTS AND DISCUSSION SECTION
Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki (1) umpan balik tertulis mengenai konten dan pengetahuan genre dalam bagian hasil dan pembahasan skripsi mahasiswa S1 yang diberikan oleh pembimbing, (2) fungsi bahasa dalam umpan balik tertulis yang diberikan oleh pembimbing, dan (3) bagaimana umpan balik tertulis berkontribusi pada kualitas bagian hasil dan pembahasan skripsi mahasiswa S1.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, yang memanfaatkan berbagai sumber data, termasuk analisis dokumen (bukti tekstual umpan balik pada draf bagian hasil dan pembahasan skripsi delapan mahasiswa dan rubrik penilaian bagian hasil dan pembahasan skripsi) serta wawancara. Partisipan penelitian terdiri dari delapan mahasiswa S1 jurusan Sastra Inggris yang sedang menyusun skripsi dan empat dosen yang membimbing skripsi mereka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa umpan balik yang diberikan pembimbing sebagian besar berfokus pada pengetahuan konten, diikuti oleh pengetahuan genre. Terkait sub-kategori umpan balik tertulis, temuan penelitian ini memperluas penelitian sebelumnya dengan menambahkan dimensi baru, seperti pemahaman literatur dan pemikiran kritis, di samping itu menyempurnakan umpan balik pengetahuan genre untuk menekankan kepatuhan terhadap konvensi akademis. Temuan ini juga memberikan kontribusi pada teori konstruktivis, yang menunjukkan bagaimana umpan balik yang terarah membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis.
Berkaitan dengan fungsi umpan balik pembimbing skripsi, penelitian ini menyimpulkan bahwa pembimbing lebih sering memberikan umpan balik bersifat direktif dibandingkan dengan umpan balik referensial dan ekspresif. Khusus pada sub-kategori fungsi bahasa umpan balik, komentar umpan balik yang diterima mahasiswa terutama berupa instruksi direktif, diikuti oleh klarifikasi. Temuan ini sejalan dengan teori scaffolding, di mana umpan balik direktif berfungsi sebagai sistem pendukung yang memungkinkan mahasiswa mengembangkan keterampilan di luar kemampuan mereka secara mandiri.
Terkait kontribusi umpan balik tertulis terhadap kualitas bagian hasil dan pembahasan skripsi mahasiswa, penelitian ini berfokus pada dua aspek, yaitu penerapan umpan balik oleh mahasiswa dan skor bagian hasil dan pembahasan skripsi. Penelitian ini menunjukkan bahwa umpan balik direktif menghasilkan tingkat perbaikan yang tinggi karena memberikan panduan yang jelas untuk revisi. Karena kontribusi umpan balik terhadap kualitas hasil dan pembahasan skripsi bervariasi, perbedaan skor juga dapat terkait dengan fokus umpan balik (konten dan pengetahuan genre) dan perbedaan individu dalam cara mahasiswa merespons serta menerapkan umpan balik. Selain itu, faktor lain seperti kualitas awal bagian hasil dan pembahasan skripsi mahasiswa dan karakteristik dosen juga berperan dalam perbedaan skor.
Implikasinya menunjukkan bahwa dosen perlu menyesuaikan umpan balik dengan kebutuhan mahasiswa yang beragam dan mempertimbangkan kualitas awal pekerjaan untuk memberikan umpan balik yang efektif. Selain itu, pelatihan dosen dalam praktik pemberian umpan balik sangat penting, karena pendekatan mereka berdampak signifikan pada keberhasilan mahasiswa.
Penelitian ini merekomendasikan agar penelitian selanjutnya melibatkan partisipan yang lebih representatif untuk mendapatkan temuan yang lebih generalisasi, meneliti kontribusi umpan balik pada sub-genre lain dari skripsi seperti bagian pendahuluan dan tinjauan pustaka, serta menggali faktor-faktor di balik perbedaan skor mahasiswa terkait kontribusi umpan balik tertulis pembimbing terhadap kualitas bagian hasil dan pembahasan skripsi dengan menyelidiki mode umpan balik lain, seperti umpan balik dialogis.
The objectives of the current research are to investigate (1) the written feedback on content and genre knowledge in thesis results and discussion section of undergraduate students provided by their supervisors, (2) the language functions of supervisors’ written feedback, and (3) how the written feedback contributes to the quality of thesis results and discussion section of undergraduate students.
This is qualitative research employing a case study design that used multiple sources of data that include document analysis (textual evidence of feedback on eight students’ drafts of thesis results and discussion section and the assessment rubrics of thesis results and discussion section) and interview. The participants of the study were eight undergraduate students of English Department who were in the process of writing thesis, and four lecturers who were supervising the students’ thesis.
The results of the study showed that the supervisors provided to their supervisees were largely focused on content knowledge, followed by genre knowledge. Specific to the written feedback sub-categories, the findings of the study expand on previous work by adding new dimensions, such as engagement with literature and critical thinking, while refining genre knowledge feedback to stress adherence to academic conventions. The findings also contribute to constructivist theory, demonstrating how targeted feedback helps students develop critical and analytical skills.
Concerning thesis supervisors’ feedback function, the study concluded that the supervisors are used to offering directive feedback most prevailingly in their feedback provision more than referential and expressive feedback. In particular to the sub-categories of the feedback language functions, the feedback comments the supervisees received were mainly directive instructions followed by clarification. The findings align with scaffolding theory, where directive feedback acts as a support system, enabling students to develop skills beyond their independent capabilities.
With regard to the contribution of written feedback to the quality of students’ thesis results and discussion section, this study focuses on two parts namely the students’ uptake and scores of students’ thesis results and discussion section. The study shows that directive feedback results in a high rate of students’ uptake, as it offers clear guidance for revisions. As the feedback contributes to the quality of thesis results and discussion differently, the variations in scores could also be related to the focus of feedback (content and genre knowledge) and individual differences in how students respond to and implement feedback. In addition, the other factors such as the initial quality of the students’ thesis results and discussion section and the lecturers’ characteristics could also have a role in the variations in scores. The implications suggest that lecturers should tailor feedback to diverse student needs and consider the initial quality of work for effective feedback. Additionally, lecturer training in feedback practices is essential, as their approach significantly impacts student success.
This current study suggests next research deal with more representative participants to find more generalize-able findings, examine feedback contribution to the other sub-genre of a thesis such as the introduction and literature review, delve into the factors behind the differences in students’ scores as the contribution of supervisors’ written feedback to the quality of the students’ thesis results and discussion section by investigating the other mode of feedback, such dialogic feedback.